28.2 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Kala Wali Nanggroe Menghunus Rencong di Hadapan Anies Baswedan

spot_img

ANIES BASWEDAN terlihat menggunakan baju meukasah. Di sekeliling leher melebar ke bawah hingga dada terdapat motif khas Aceh yang disulam dengan benang emas. Hari itu, Jumat, 2 Desember 2022, Anies juga mengenakan celana cekak musang yang dilapisi kain songket.

Ada peci hitam dengan tenun emas yang terlihat di kepala mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Peci tersebut kemudian dilepas dan diganti dengan kupiah meukeutop oleh Wali Nanggroe Aceh, PYM Malik Mahmud Alhaytar.

Sejurus kemudian, Teungku Malik mengambil rencong hitam. Wali Nanggroe kelak menghunus senjata khas Aceh yang dibentuk berdasarkan huruf ba, syin, dan mim tersebut. Tidak terdengar jelas apa yang disampaikan Wali Nanggroe Aceh kepada Anies Baswedan pada detik-detik rencong terhunus itu. Namun, Wali Nanggroe terlihat menunjuk bilah rencong dari mulai gagang hingga bilah ujung runcing rencong sembari membolak-balikkannya di hadapan Anies.

Rencong yang seperti warna emas itu kemudian kembali ke sarungnya. Wali Nanggroe lantas menyematkan rencong ke pinggang Anies Baswedan sebagai pelengkap pakaian khas Aceh yang dikenakan Anies Baswedan.

Anies kemudian diajari cara memegang rencong oleh Wali Nanggroe. Lagi-lagi, rencong berkilau itu kembali lepas dari sarungnya lantaran ditarik Teungku Malik Mahmud, sembari memperlihatkan cara memegang rencong yang benar kepada Anies Baswedan.

Inilah sepenggal momen ketika PYM Malik Mahmud menepung tawari atau mem-peusijuk Anies Baswedan ketika tiba di Meuligoe Wali Nanggroe, Jumat siang. Kegiatan ini merupakan rangkaian agenda Anies Baswedan selama di Aceh usai melaksanakan shalat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Kedatangan Anies Baswedan ke Gedung Wali Nanggroe mendapat sambutan hangat dari PYM Malik Mahmud. Mantan Menteri Luar Negeri Gerakan Aceh Merdeka (GAM) tersebut bahkan tertawa bangga ketika melihat Anies mengenakan baju tradisional Aceh setiba di kantor Wali Nanggroe. “Ka hi ureung Aceh nyoe, mantap, mantap,” kata Wali Nanggroe PYM Malik Mahmud Al Haytar ketika menyambut Anies Baswedan di depan pintu kantor nan megah itu.

Kedatangan Anies ke Aceh sebelumnya juga turut menyedot perhatian jamaah shalat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman. Para jamaah terlihat mengerumuni bakal calon presiden yang diusung NasDem tersebut sembari meneriakkan, “Anies Presiden!”

Selain itu, Anies Baswedan yang hendak meninggalkan Masjid Raya Baiturrahman usai melaksanakan shalat Jumat juga turut dibarengi lantunan shalawat badar oleh para jamaah.

Ketua DPW NasDem Aceh, Teuku Taufiqulhadi, sebelumnya menyebutkan selain upacara adat, Wali Nanggroe juga bakal menjamu makan siang Anies Baswedan. Sementara acara puncak Anies Baswedan di Aceh baru dilangsungkan pada Sabtu, 3 Desember 2022 di Lapangan Pango, Banda Aceh. Acara puncak ini bakal dihadiri oleh seluruh elemen pendukung Anies di Aceh.

Lapangan sepak bola Pango menjadi pilihan terakhir NasDem setelah izin kegiatan yang semula dijadwalkan berlangsung di arena PKA Ratu Safiatuddin dicabut pengelola.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI