25.6 C
Aceh

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Kasus Gangguan Jiwa Akibat Kecanduan Game Mulai Tercatat di Aceh

BANDA ACEH | ACEH INFO – Kasus orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) akibat kecanduan game di smartphone yang saat ini sudah mudah diakses oleh berbagai pihak, mulai merambah di Aceh. Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Banda Aceh bahkan pernah merawat satu pasien remaja yang dipicu akibat kecanduang game tersebut.

“Ada satu orang, tapi sudah keluar,” kata Wakil Direktur RSJ Banda Aceh Bidang Pelayanan, drg Sarifah Yessi, di sela-sela inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Komisi V DPR Aceh, Sabtu, 12 November 2022 kemarin.

Dia menyebutkan kasus kecanduan game yang berdampak pada gangguan kejiwaan ini merupakan kasus baru di Aceh. Sebelumnya banyak penderita gangguan jiwa yang tercatat di Aceh justru dominan dilatarbelakangi masalah internal di dalam keluarga atau masalah sosial.

“Tapi ini hari sudah banyak terpengaruh globalisasi. Salah satunya terpengaruh media sosial dan game smartphone,” ungkap drg Sarifah Yessi.

Dia mengatakan kasus ini masuk dalam adiksi non zat yang kasus lainnya juga disebabkan kecanduan menonton pornografi. Dia berharap media massa dapat menyosialisasikan dampak negatif dari penggunaan handphone terhadap anak-anak tanpa pengawasan orang tua tersebut.

“Ini perlu promosi serta sosialisasi gencar kepada masyarakat dalam menggunakan hp. Mulai dari anak kecil, dewasa, remaja, itu semua dapat terkena dampak adiksi game ini,” kata drg Sarifah Yessi.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah