27 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Ke Aceh Jangan Lupa Nikmati Kuliner Legendaris Kuah Cue

Kuah Cue sejatinya mirip dengan kuah pliek, hanya saja isinya ditambah dengan cue, siput hitam yang menambah kenikmatan kuliner legendaris warisan Endatu tersebut.

Jika Anda berlibur ke Aceh, jangan lupa mencoba kuah cue. Kuliner ini hanya kamu dapatkan di Aceh, bumbu yang digunakan juga racikan khusus, berisi rempah dengan beragam campurannya yang hanya ada di Aceh.

Kuah cue atau gulee cue pliek ue ini hanya dijual di tempat-tempat tertentu saja, tak banyak rumah makan yang menyajikannya sebagai menu. Salah satunya ada di sebuah rumah makan di kaki gunung Kulu di Kecamatan Lhong, Kabupaten Aceh Besar.

Bahan utama kuah cue ini selain sayur adalah cue itu sendiri, siput hitam yang hidup di rawa-rawa perairan dangkal. Sebelum diolah, cue terlebih dulu dipotong bagian bawah kemudian dibersihkan sebelum akhirnya dicampur dengan bumbu pliek ue atau patarana, kuah cue dilengkapi dengan sayuran seperti daun melinjo dan buah pepaya muda. Cita rasa dari kuah cue lezat dan gurih sangat cocok disantap menggunakan nasi putih dan emping.

Baca Juga: Kuah Eungkot Keureulieng Kuliner Para Raja

Cara menikmati kuah cue sangat berbeda dengan makanan lainnya. Cue dihisap bersama kuah dan dengan kekuatan tarikan dari mulut isi dari cue akan keluar dengan sendirinya dipadu dengan cita rasa kuah dan sayur lainnya menjadikan makan kamu jadi lebih nikmat. Kuah cue tidak memiliki patokan harga, Anda bisa menikmati sajian ini seberapapun yang anda mau, kisaran dua puluh ribu sajian ini sudah dapat dinikmati.

Bahan-bahan untuk memasak kuah cue diantaranya: 1 kilogram siput cue yang sudah dipotong ujungnya, santan segar secukupnya, pliek ue atau patarana, jeruk nipis, garam dan gula secukupnya, ketumbar, asam sunti, bawang merah 7 siung, bawang putih 4 siung, cabe merah 10 buah, cabe rawit sevukupnya sesuai selera tingkak kepedesan yang diinginkan, jahe, kunyit, serta kelapa gonseng. Untuk pelengkap lainnya bisa ditambahkan sayur-sayuran seperti: serai yang dirajang halus, daun jeruk, daun kari, daun dan buah melinjo, angka muda, kacang panjang, papaya muda.

Cara membuatnya, setelah cue dipotong ujungnya dan dicuci bersih, haluskan bumbu-bumbu kemudian campurkan dengan cue, masukkan santan dan sayur, beri garam tunggu sampai kuah mendidih, sekai-kali jangan lupa mencicipi rasa sesuai selera. Setelah masak maka kuah cue siap dihidangkan.[]

spot_img
Kontributor :HELENA

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS