30.8 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Kecelakaan Kerja, Basarnas Evakuasi Jenazah ABK Asal Filipina di Perairan Aceh

BANDA ACEH | ACEH INFO – Tim Basarnas Banda Aceh mengevakuasi jenazah seorang anak buah kapal (ABK) MV Lowlands Comfort, di Perairan Selat Benggala, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Kamis, 14 Juli 2022.

“Korban bernama bernama Crispin F Cadiz warga negara Filipina,” kata Kepala Basarnas Banda Aceh, Ibnu Harris Al Hussain.

Informasi adanya korban kecelakaan kapal dan membutuhkan medical evacuation (medevac) itu dikatakan Harris, baru diketahui usai menerima laporan dari kapal memuat curah asal Panama tersebut.

Adapun kronologi kejadian, berawal saat MV Lowlands Comfort berlayar dari Amerika Serikat atau United States of America (USA) dengan tujuan Cina. Akan tetapi, ketika berlayar di kawasan Terusan Suez, Mesir, korban terbentur crane.

Crispin F Cadiz sempat mendapatkan perawatan, sedangkan kapal terus berlayar. Hingga tiba di Perairan Samudra Hindia, Senin, 4 Juli 2022, korban dinyatakan meninggal dunia.

“Korban ini meninggal dunia karena kecelakaan kerja. Kemudian sudah dilakukan perawatan, namun meninggal dunia,” ujarnya.

Basarnas mengevakuasi jenazah ABK asal Filipina tersebut menggunakan KN SAR ke Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh. Lalu jenazah diboyong ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Zainoel Abidin.

Rencananya jasad korban akan dititipkan di Kedutaan Besar Filipina, di Jakarta, sebelum akhirnya dipulangkan ke kampung halamannya.

“Informasi yang kita terima, dari RSUD dr Zainoel Abidin, akan dilanjutkan ke Jakarta, kemudian diinapkan di kedutaan, selanjutnua dibawa kembali ke negaranya,” katanya.

Selain Basarnas Banda Aceh,  evakuasi ini juga melibatkan Lanal Sabang, KKP Malayahati, Bea Cukai, Imigrasi, Polsek Ulee Lheue, SROP Ulee Lheue, Syahbandar, BPBA, RAPI, dan agen pelayanan.[]

PEWARTA: MUHAMMAD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah