29.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Kendaraan Plat Merah di Lhokseumawe Kerap Dipakai untuk Keluarga

LHOKSEUMAWE | ACEH INFO – Banyak kendaraan dinas di Kota Lhokseumawe dipergunakan oleh orang yang tidak berwenang. Hal itu diketahui setelah adanya razia yang digelar pihak Samsat dalam beberapa hari terakhir.

“Saat kita gelar razia, banyak kendaraan plat merah yang kita berhentikan. Kita dapatkan plat merah dinaiki bukan sama yang bersangkutan,” ungkap Kepala UPTD Wilayah V Samsat Lhokseumawe, Chaidir, kepada acehinfo.id, Kamis, 7 April 2022.

Dari temuan di lapangan diketahui kendaraan plat merah sering dibawa oleh anak atau istri Aparatur Sipil Negara (ASN).

Penggunaan mobil dinas sejatinya telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 87 Tahun 2005 tentang Pedoman Efisiensi dan Disiplin PNS.

Dalam Permenpan RB itu disebutkan, kendaraan dinas hanya boleh dipakai PNS untuk fasilitas yang menunjang kerja. Selain itu, jika merujuk Permenpan RB tersebut, maka mobil dinas maupun motor dinas hanya boleh dipakai selama hari kerja. Artinya apabila ada pemakaian di luar hari kerja, maka hal itu adalah pelanggaran.

Penggunaan kendaraan dinas juga terbatas di dalam kota tempat para ASN bekerja. Selanjutnya, mobil dinas yang rusak karena digunakan di luar kepentingan dinas harus diganti oleh pemakai kendaraan dinas operasional yang bersangkutan.

“Ada (kendaraan dinas) yang dinaiki anak, istrinya, keluarganya, bahkan pembantunya. (Padahal) itu kita gelar razia di saat jam kerja,” kata Chaidir.

Hasil razia yang dilakukan Samsat Lhokseumawe juga ditemukan banyak kendaraan dinas yang menunggak pajak. Namun, berkat razia tersebut, banyak pengguna di Lhokseumawe kemudian melunasi pajak kendaraan dinas mereka.

“Saat ini Jempol sedang menjemput pajak ke dinas-dinas, kita berharap agar seluruh kendaraan plat merah yang membelum membayar pajak agar melunasinya,” pungkas Chaidir.[]

WARTAWAN: MAULIDI ALFATA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI