28 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Kerusakan Bendungan Hagu Peudada Akan Segera Ditangani

BIREUEN | ACEH INFO – Kerusakan bendungan irigasi Hagu yang berada di Desa Hagu, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen, akan segera ditangani oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia.

Kasubdit Operasi dan Pemeliharaan, Kementerian PUPR, Elroy Koyari mengatakan, dirinya telah meninjau irigasi tersebut bersama Anggota Komisi V DPR-RI, H Ruslan M Daud, Penjabat (Pj) Bupati Bireuen, Aulia Sofyan dan Kepala SKPK terkait.

“Daerah aliran sungai (DAS) Peudada, Bireuen, ada dua hal harus ditangani dari dampak banjir yang terjadi beberapa waktu yang lalu, yaitu mengenai kebutuhan suplai air irigasi, dan kedua, untuk kebutuhan air bersih Perusahaan Air Minum Daerah,” ujar Elroy Koyari.

Elroy Koyari menambahkan, pihaknya akan membuka alur sungai, karena alirannya melalui bendungan, tapi mulai berbelok arah dan dikembalikan tempat semula sesuai kebutuhan irigasi dan PDAM.

Dalam pembangunan tersebut, juga akan melakukan kolaborasi dengan Provinsi Aceh dan pihak provinsi untuk membuat saluran pengarah air ke bendungan dan dari PDAM ada kolam intake-nya.

“Hari Senin atau Selasa, alat berat sudah dibawa kelokasi untuk melakukan penanganan,” tutur Elroy didampingi Anggota Komisi V DPR-RI, H Ruslan.

Tambahnya, tim Provinsi Aceh juga diminta untuk segera siapkan saluran pengarah air masuk ke intake, agar aktifitas tanam padi masyarakat Peudada sudah berjalan agar tidak terhambat. begitu juga untuk penanganan kerusakan tebing sungai akibat erosi paska banjir luapan di Gampong Blang Mee, Kutablang dan Bendungan Karet, Gampong Kapa, Kecamatan Peusangan.

“Hari ini kita masih dalam tahap survei, semuanya kami hitung kebutuhan anggaran, tapi untuk bekerja minggu depan sudah bisa dilaksanakan,” kata Elroy.

EDITOR: M. AGAM KHALILULLAH

 

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS