19.4 C
Aceh

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Ketika Bau Badan Jadi Perbincangan

BANDA ACEH | ACEH INFO – Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (USK) sedang marak jadi perbincangan. Bukan karena temuan baru terkait arsitek atau perencanaan seperti lakap nama jurusan itu, tetapi lebih kepada surat pemberitahuan prihal bau badan.

Pemberitahuan terkait bau badan tersebut dikeluarkan dalam surat bernomor 885/UN11.1.4/4/LL/2022. Tidak ada tanggal yang disematkan untuk menjelaskan kapan surat pemberitahuan dengan menggunakan logo resmi jurusan serta ditandatangani Dr Laina Hilma Sari, ST., Sc itu dikeluarkan. Namun, di dalam surat pemberitahuan yang kini viral diperbincangkan netizen Tanoh Rencong tersebut terdapat 16 poin—yang semuanya merujuk pada permasalahan bau badan.

“Sehubungan dengan banyaknya mahasiswa yang memiliki bau badan,” merupakan kalimat pembuka dalam surat pemberitahuan tersebut. Selanjutnya, dijelaskan pula mengapa bau badan ini menjadi permasalahan yang berbuntut keluarnya surat pemberitahuan.

“Hal ini menyebabkan banyaknya keluhan dosen, terutama pada saat asistensi,” bunyi kalimat lain dalam surat pemberitahuan tersebut.

Lantaran ikhwal bau badan ini begitu meresahkan, pihak jurusan pun memberikan panduan untuk mahasiswa mengurangi bau badan. Panduan sebanyak 16 poin tersebut diawali agar mahasiswa mandi secara teratur. Selanjutnya, mahasiswa dianjurkan menggunakan sabun antibakteri, mengeringkan badan dengan baik, memilih pakaian sejuk, mengganti baju dan pakaian dalam secara teratur, serta mengurangi makan minyak dan bawang.

“Yang perlu diperhatikan, ketiak yang merupakan area yang paling berkeringat yang menyebabkan bau badan harus dirawat…” bunyi kalimat lain di sela-sela panduan tersebut.

Mahasiswa Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Fakultas Teknik USK pun kemudian diminta untuk menggunakan antiperspirant, menggunakan daun sirih, cuka apel, baking soda, jus lemon, dan tea tree oil. Dalam panduan tersebut, mahasiswa juga diminta untuk menghindari pemakaian deodoran berlebihan, “karena akan membuat bau badan lebih terasa.”

Selanjutnya, mahasiswa juga diminta untuk menghentikan kebiasaan merokok karena dapat menambah aroma bau badan. “Mohon peringatan ini diperhatikan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jurusan sangat mengharapkan mahasiswa harus memperhatikan kebersihan dan aroma tubuh ketika proses kegiatan belajar di kampus,” bunyi kalimat pamungkas dalam surat pemberitahuan berstempel basah dan ditandatangani Ketua Jurusan, Dr Laina Hilma Sari itu.

Hingga saat ini belum diketahui apakah surat pemberitahuan yang mendadak viral di dunia maya tersebut benar dikeluarkan oleh Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Fakultas Teknik USK. Media ini pun masih menelusuri kebenaran informasi terkait pemberitahuan bau badan tersebut kepada otoritas terkait.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah