25.1 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

KIB Mengaku Solid Menatap Pemilu 2024

spot_img

JAKARTA|ACEHINFO-Tiga partai anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mendaftarkan diri bersamaan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari ini, Rabu, 10 Agustus 2022. Tiga pucuk pimpinan partai, Airlangga Hartarto (Golkar), Zulkifli Hasan (PAN) dan Suharso Monoarfa (PPP), bersama-sama hadir di KPU, jajaran pengurus menyertai partainya mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut pendaftaran bersama tiga partai KIB tak hanya membuktikan bahwa KIB solid, akan tetapi sekaligus mengungkap harapan publik terkait semangat persatuan yang terus dikedepankan oleh KIB.

“Kami memiliki semangat yang sama untuk menyambut pesta demokrasi yang akan diselenggarakan dalam Pileg dan Pilpres 2024. Ini adalah Pemilu yang ke-13 yang dilaksanakan di Indonesia,” ujar Airlangga, Rabu, 10 Agustus 2022.

Kata Airlangga, koalisi tiga partai ini juga konsisten memperjuangkan politik kebangsaan dan politik gagasan, sekaligus menolak politik identitas.

“Kami mendorong untuk pemilu yang dilaksanakan secara jurdil, demokratis dan tidak menggunakan isu-isu primordial yang akhirnya hanya memecah belah bangsa. Kita memiliki kepentingan untuk menjaga stabilitas politik, karena dengan stabilitas politik maka pembangunan dapat terus dilakukan. Oleh karenanya, pemilu harus dilaksanakan sesuai jadwalnya yaitu di bulan Februari 2024,” kata Airlangga.

Airlangga juga mengatakan bahwa, partainya mendukung penuh pelaksanaan pemilu agar dapat terlaksana secara demokratis.

“Partai Golkar mendorong pemerintah agar segera merealisasikan anggaran yang dibutuhkan agar semua tahapan, program dan agenda yang telah tersusun oleh penyelenggara pemilu dapat dilaksanakan sesuai jadwal,” kata dia. “Untuk 2022 pencairan tentu sesuai kebutuhan dan berbasis DIPA. Untuk tahun 2023 sudah disampaikan bahwa anggaran KPU masuk dalam skala prioritas.”

Sementara itu, Sekjen PPP, Arsul Sani menyebut KIB juga akan meminta pandangan Presiden Joko Widodo dalam menggodok visi misi maupun capres yang akan diusung koalisi gabungan tiga partai itu.

“KIB pasti berkomunikasi dengan Pak Jokowi, apalagi tiga ketua umum ada di kabinet, tentu kami juga perlu mendengar pandangan Pak Jokowi, dalam rangka menyelesaikan platform, dan tidak tertutup kemungkinan juga dengan orang,” ujar Arsul.

Pembentukan KIB yang dideklarasikan Sabtu, 4 Juni 2022, di Plataran, Senayan, Jakarta, untuk menghadapi kontestasi politik Pemilu 2024 dan Pilkada serentak. Ketiga partai terus menunjukkan kekompakan dalam sejumlah momen. Kendati demikian, KIB sampai saat ini belum menunjukkan manuver lanjutan soal rencana pencapresan. []

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah