19.4 C
Aceh

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Langsa Digenangi Banjir dan Longsor

LANGSA | ACEH INFO – Kota Langsa kembali dilanda banjir usai hujan deras dengan intensitas tinggi mengguyur kawasan tersebut selama beberapa hari terakhir. Selain banjir, longsor juga dilaporkan terjadi di wilayah Kota Langsa.

Informasi yang diterima dari pihak Polres Langsa menyebutkan salah satu titik banjir dan longsor terjadi di Jalan Medan-Banda Aceh, tepatnya di Desa Bakaran Batee Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, Jumat, 14 Oktober 2022. Genangan air sempat terlihat di badan jalan dengan volume ketinggian sekitar 5-10 centimeter.

Guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan, Satlantas Polres Langsa langsung mengambil tindakan dengan menempatkan personel di wilayah-wilayah rawan. Para personel juga dikerahkan untuk membantu pengenda agar terhindar dari banjir dan kawasan tanah longsor.

“Satlantas Polres Langsa sudah standby di lokasi banjir untuk lakukan pengaturan. Dipastikan arus lalu lintas saat ini lancar,” kata Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Winardy, Sabtu, 15 Oktober 2022.

Dia turut mengimbau para pengendara agar tetap hati-hati dan mematuhi instruksi petugas di jalan.

Seperti diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Blang Bintang telah mengeluarkan peringatan dini potensi bencana hidrometeorologi untuk wilayah Aceh selama sepuluh hari ke depan. Peringatan dini tersebut dikeluarkan setelah adanya daerah konvergensi dan belokan angin di sekitar wilayah Aceh. Fenomena tersebut berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

“Serta dapat menyebabkan bencana banjir dan longsor,” kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, Nasrol Adil.

Ke enam daerah yang diminta siaga bencana tersebut yaitu Aceh Utara, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Langsa, Bireuen, dan Lhokseumawe.

Sementara untuk wilayah waspada bencana hidrometeorologi adalah Aceh Besar, Banda Aceh, Aceh Jaya, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Selatan, Singkil, Subulussalam, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Gayo Lues, Aceh Tenggara, dan Sabang.[]

EDITOR: BOY NASHRUDDIN AGUS

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah