25.1 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Lebih Dekat ke Mekah, Aceh Diusulkan Jadi Pintu Utama Pemberangkatan Haji

spot_img

JAKARTA|ACEHINFO-Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengusulkan Aceh menjadi satu-satunya embarkasi dalam pemberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan haji tahun depan. Salah satu alasannya karena waktu tempuh terbang ke Arab Saudi paling dekat dari Aceh.

“Jarak tempuh hanya 6 jam (dari Aceh ke Arab Saudi), kemudian secara historis, kita semua kan tahu, Aceh itu dikenal dengan Serambi Mekkah,” kata Dasco, dalam keterangannya Rabu (29/6/2022).

Dasco berharap, usulannya ini juga dapat menekan biaya haji agar lebih efektif dan efisien. Secara pembiayaan, menurut dia, embarkasi di Aceh tidak terlalu memberatkan jemaah karena jarak tempuh ke Arab Saudi lebih dekat. “Namun, tetap dengan pelayanan yang berkualitas dan optimal,” kata Dasco.

Ketua Harian Partai Gerindra ini meminta agar komisi teknis terkait, yaitu Komisi VIII DPR dan Kementerian Agama untuk mengkaji usul tersebut secara lebih mendalam dan komperhensif.

Jemaah haji Indonesia saat ini berangkat dari sembilan embarkasi. Daerah-daerah itu antara lain, Aceh, Medan, Padang, sebagian Jakarta-Pondok Gede, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar dan Lombok.

Ketua Komisi VIII DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto menilai perlu pengkajian mendalam terkait usulan Dasco itu. Menurutnya dari segi teknis, menjadikan Aceh sebagai pusat embarkasi justru lebih rumit untuk pemberangkatan jemaah haji.

“Menurut saya, jemaah haji tidak terlalu repot. Misal dari Jakarta cukup naik bus masuk asrama haji Pondok Gede langsung terbang. Kalau ke Aceh kan nanti transit lagi, dari Jakarta tiga jam ke Aceh nginap lagi,” kata Yandri.

Menurut Wakil Ketua Umum PAN itu, dari segi biaya justru tidak akan terlalu berbeda jauh jika embarkasi dilakukan selain di Aceh. “Karena tetap saja, Aceh itu tetap ditambah (biaya) ke pesawat. Tetap ada persiapan asrama haji yang banyak kamarnya di Aceh,” ujarnya.

“Jadi menurut saya, hampir sama saja berangkat dari embarkasi masing-masing sekarang atau pun dikumpulkan,” sebut Yandri.[]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah