26.1 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Lima Tersangka Dugaan Korupsi Monumen Samudera Pasai Dicekal

spot_img

ACEH UTARA | ACEH INFO – Sebanyak lima tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan Monumen Islam Samudera Pasai di di Desa Beuringen, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara, dicekal ke luar negeri oleh kejaksaan setempat.

Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Utara, Diah Ayu mengatakan, langkah tersebut diambil oleh pihaknya, untuk kepentingan penyidikan. Apalagi kelimanya telah diambil keterangan sebagai tersangka.

Masing-masing tersangka dalam kasus tersebut yaitu, mantan Kepala Dinas Dinas Perhubungan, Pariwisata dan Kebudayaan Aceh Utara yang berinisial F, pegawai negeri sipil Aceh Utara N, pengawas proyek P, dua kontraktor masing-masing berinisial T dan R.

“Kami menilai langkah pencekalan maka perlu, kami ingin pastikan kalau mereka memang berada di dalam negeri,” ujar Diah, Sabtu, 3 September 2022.

Diah menambahkan, pihaknya juga sedang meminta auditor untuk menghitung kerugian negara dalam kasus tersebut.

“Setelah ada penghitungan kerugian negara, maka selanjutnya dilimpahkan berkas ke persidangan,” tutur Diah.

Sebagaimana diketahui, proyek pembangunan Monumen Islam Samudera Pasai tersebut, dikerjakan sejak tahun 2012 hingga 2017 lalu dan menelan anggaran sebesar Rp 49,1 miliar yang dikerjakan secara bertahap.

Sejak 2012 hingga 2016 proyek ini berada di Dinas Perhubungan, Pariwisata dan Kebudayaan, Kabupaten Aceh Utara.

Sedangkan pada 2017 proyek yang menjadi ikon Kerajaan Samudera Pasai itu berada di bawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Aceh Utara.

Dari hasil penyelidikan, ditemukan beberapa pengerjaan proyek yang tidak sesuai dengan standar, seperti fondasi proyek tak mampu menopang tower setinggi 71 meter. Selain itu, sejumlah bagian bangunan retak dan membahayakan pengunjung.

EDITOR: M. AGAM KHALILULLAH

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah