LANGSA | ACEH INFO – Dalam beberapa bulan terakhir ini, Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Langsa dipenuhi dengan masyarakat yang berobat.
Hal ini disebabkan karena terjadinya lonjakan pasien penyakit demam (Fever Patient), batuk-batuk dan gangguan pencernaan cukup tinggi, sehingga ruang rawat inap penuh.
“Tentunya ini membuat tidak nyaman bagi keluarga dan pasien itu sendiri. Namun, kita
terus melakukan pembenahan dari sisi pelayanan setiap harinya,” sebut Plt Direktur RSUD Langsa, dr Helmiza Fahry, Kamis, 14 September 2023.
Ia mengakui, dengan melonjaknya pasien-pasien tersebut maka keterbatasan ruangan memang tak bisa terhindari. Namun, tentu pasien tetap menjadi prioritas utama RSUD Langsa.
dr.Helmiza Fahry menegaskan, tetap memberikan pelayanan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang terbaik bagi pasien yang datang ke RSUD Langsa.
“Kita terus berupaya memperbaiki sisi pelayanan kita. Kita ingin pelayanan terhadap pasien di RSUD Langsa tetap menjadi prioritas utama, terutama bagi pasien yang sangat urgent,” ujar Helmiza.
Dirinya mengakui, selama berapa bulan terakhir seluruh kamar pasien di RSUD Langsa dalam kondisi penuh (Full of Patients). Kondisi itu membuat IGD menjadi Over Capacity, akibatnya terdapat antrean di IGD.
Dengan kondisi demikian, sehingga rumah sakit akan melayani pasien sesuai SOP dimana Triase diadakan sesuai kategori pasien, dan dalam hal penanganan gawat darurat menjadi prioritas utama.
“Jika ada pasien yang tak bisa dirawat di RSUD Langsa maka tentu akan kita rujuk atau kita bawa ke rumah sakit lainnya menggunakan mobil ambulan dan semuanya gratis,” jelasnya.
Ia pun meminta saran dari masyarakat agar RSUD Langsa dapat berbenah terus untuk memberikan pelayanan sebaik-baiknya.
Helmiza juga berharap agar RSUD Regional yang saat ini tengah dibangun segera rampung dan berfungsi. Sehingga, dapat menampung pasien lebih banyak lagi terutama bagi masyarakat Kota Langsa sendiri.
“Jika ada keluhan terkait pelayanan maka segera sampaikan ke pihak RSUD Langsa, atau bisa langsung ke saya agar segera kita ditanggulangi,” ujarnya.
Pada kesempatan itu, ia memohon maaf jika pelayanan RSUD Langsa masih belum memenuhi harapan dari masyarakat. Tentu kita akan berbenah terus dan memprioritaskan semua pasien yang datang ke RSUD Langsa,” pungkasnya.