19.4 C
Aceh

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Mahasiswa UIN Ar-Raniry Belajar Filologi di Rumoh Manuskrip Aceh Cek Midi

BANDA ACEH | ACEH INFO – Belasan mahasiswa dari Prodi Kesejahteran Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, Senin, 14 November 2022, mengadakan kegiatan belajar lapangan ke Rumoh Manuskrip Aceh milik Tarmizi A. Hamid di Ie Masen Kayee Adang, Banda Aceh.

Mahasiswa tersebut sengaja datang untuk belajar di Rumoh Manuskrip Aceh karena dalam Mata Kuliah Kajian Islam terdapat topik Filologi Islam Nusantara.

“Dalam silabus MK Kajian Islam terdapat bahasan tentang filologi Islam Nusantara. Oleh sebab itu, mahasiswa kami jadwalkan untuk belajar langsung pada Bapak Tarmizi A Hamid atau Cek Midi selaku kolektor manuskrip Aceh,” kata Hasan Basri M Nur, dosen pendamping mahasiswa pada prodi Kesos.

Cek Midi membuka lebar museum miliknya sebagai tempat mahasiswa belajar secara cuma-Cuma, tanpa pungutan biaya apa pun. Dia menjelaskan secara detil proses pencarian manuskrip dari kampung ke kampung selama bertahun-tahun.

Cek Midi juga menjelaskan kandungan ilmu yang terdapat dalam manuskrip-manuskrip yang tersedia. “Orang Aceh zaman dahulu sangat pintar, terbukti dari kandungan manuskrip yang ditinggalkan,” kata Cek Midi.

“Diantara tujuan saya merawat manuskrip indatu adalah agar generasi muda dapat melihat langsung peninggalan intelektual masa lampau, menjadi bahan observasi dan kajian banyak pihak,” papar Cek Midi dalam kuliah yang diikuti antusias oleh mahasiswa.

“Andai saya tidak mengoleksi manuskrip ini mungkin mahasiswa akan mengalami banyak kendala ketika mau melihat langsung dan membaca manuskrip Aceh. Di tempat saya ini tak ada birokrasi, boleh dijadwalkan kunjungan via telpon atau WA,” ungkap Cek Midi.

“Kami memberi kemudahan kepada siapa saja yang ingin belajar dan membuat penelitian. Sudah tak terhitung para peneliti, dari dalam dan luar negeri, yang mengadakan penelitian filolologi di Rumoh Manuskrip Aceh ini,” pungkas Tarmizi A. Hamid.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah