24.7 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Mandalika Tetap Hujan, Pawang Jadi Sorotan

LOMBOK TENGAH| ACEHINFO-Pawang hujan yang didatangkan untuk ‘menjaga’ agar ajang balapan MotoGP Mandalika tak terganggu, tampaknya tak berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Meski telah menjalankan berbagai ritual, terbukti hujan tetap turun di sikuit yang dibanggakan masyarakat Indonesia itu.

Koordinator Sirkuit Mandalika dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Denny Pribadi, mengatakan, kadang hujan diperlukan supaya kondisi udara di sirkuit dan aspal lintasan tidak terlalu panas.

“Pawang hujan memang identik mengusir hujan atau memindahkan hujan. Padahal kita juga perlu hujan juga supaya trek dingin dan tidak panas,” katanya, seperti dilansir Kompas.com.

“Udaranya seperti ini kan enak sekali, mendung tapi tidak selalu panas dan tidak juga hujan,” katanya.

Denny mengakui ada pawang hujan yang bertugas di sekitar lokasi sirkuit. “Pawang hujannya namanya Mbak Rara, mungkin kaya Dorna di luar negeri kayanya tidak pakai seperti ini. Percaya tidak percaya itu terjadi, mungkin di Amerika, Spanyol, Italia, tidak ada seperti ini jampi-jampi pakai kembang, kemenyan, ya itulah Indonesia,” ungkapnya.

Denny mengatakan banyak orang Dorna yang melihat aksi pawang hujan yang berkeliling sekitar sirkuit dan hal itu justru menarik.

“Iya banyak, kan sebelum event mba Rara muter-muter nanti dia menaruh sajen di mana, seperti di pintu race control, di tempat start dan di dalam,” katanya.

Menariknya kata Denny setelah kegiatannya selesai, sesajen tersebut justru dibagi-bagikan. “Kalau sudah selesai sesajennya dia datang itu dibagi-bagi. Kan ada buah-buahan. Mbaknya itu sangat humble. Ternyata bekasnya sesajen itu tidak apa-apa, padahal kalau orang awam itu takut, bekasnya sesajen itu bakal sakit perut atau apa ” katanya.

“Kalau lihat mba-mba pakai kantung kresek, tang-tung tang-tung. Kalau di Jawa pawang hujan terkenalnya angker tidak mau diajak ngobrol,” katanya.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI