25.4 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Manfaat Berenang Bagi Penderita Diabetes

spot_img

Berenang merupakan salah satu olah raga yang dianjurkan bagi penderita Diabetes Mellitus (DM), berenang lebih aman karena tidak memberikan tekanan pada sendi, serta bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, mengurangi stres, membakar kalori, dan melatih otot-otot tubuh.

Kepala Bidang Pengendali dan Pemberantasan Penyakit (Kabid P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, dr Iman Nurrahman menyarankan agar pengidap diabetes berenang setidaknya tiga kali dalam seminggu agar mendapatkan manfaat yang optimal. Pada tahap awal berenang bisa dilakukan dengan durasi 10 menit, jika sudah terbiasa, durasi berenang bisa ditingkatkan secara bertahap, hingga 30 menit.

Ia menjelaskan, salah satu yang jadi keunggulan berenang untuk pengidap diabetes adalah tidak terbebaninya kaki oleh berat tubuh. Hal ini juga baik karena pada kondisi diabetes aliran darah ke tungkai kaki menurun. Selain itu, diabetes juga membuat saraf-saraf terkadang mengalami gangguan, sehingga terjadi penurunan indera perasa pada kaki.

Namun Iman Nurrahman mengingatkan, meski berenang dianjurkan dan bermanfaat, pengidap diabetes, tapi  juga perlu hati-hati ketika berenang. Misalnya, dengan memperhatikan keselamatan diri, agar tidak tergelincir atau terjatuh di tepi kolam renang. Sebab, luka yang dialami pengidap diabetes akan sembuh dengan lambat dan rentan mengalami infeksi.

“Mulai berenang secara perlahan dulu dengan itensitas ringan, kalau sudah terbiasa bisa ditingkatkan, intinya juga perlu kehati-hatian, jangan sampai terjadi hal-hal atak insiden yang bisa menyebabkan luka saat berenang,” imbaunya.

Iman Nurrahman menambahkan, olah raga renang sangat bermanfaat bagi orang yang terkena penyakit diabetes agar kadar gulanya lebih terkendali. Selain itu juga karena berenang bisa meningkatkan kesehatan seluruh tubuh dengan memperkuat sebagian besar otot dalam tubuh.

“Berenang bisa membuat tubuh lebih efisien ketika menyerap oksigen dan nutrisi pada sel otot. Ini juga alasan mengapa olahraga bisa menurunkan tingkat gula darah, juga sistem peredaran darah, jantung, dan paru-paru ini menjadi lebih baik,” tambahnya.

Selain itu olah raga renang juga bisa mencegah kegemukan, dengan sering berenang bisa menjaga berat badan yang lebih sehat dan mengurangi riseko berat badan berlebih yang tidak sehat bagi tubuh. Hal itu karena berenang bisa membakar kalori tubuh.

Berenang juga bisa menyehatkan dan menguatkan otot, serta menyehatkan jantung. Renang sangat bermanfaat bagi jantung karena dengan berenang aliran darah ke jantung menjadi lebih lancar. Hal ini karena, ketika berenang kita juga mengandalkan pernapasan yang bisa memengaruhi aliran darah. Pernapasan pun bisa semakin baik karena sering dilatih.

Seperti dilansir oleh Daily Health Post, berenang merupakan olahraga yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Pasien diabetes juga berisiko terkena stroke, serangan jantung, atau penyakit jantung lainnya. Dengan berenang, pasien diabetes bisa memperbaiki sirkulasi darah ke tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung.

“Yang paling penting dari manfaat olah raga berenang bagi penderita diabetes adalah berenang itu bisa menurunkan kadar gula darah. Jadi dengan sering berenang bagi orang yang terkena penyakit diabetes kadar gulanya lebih terkendali,” ungkapnya.

Masih menurut Iman Nurrahman, alasan lainnya berenang baik untuk penderita diabetes adalah karena saat berenang kurangnya gravitasi yang memberikan tekanan pada tubuh. Diabetes seringkali mengalami arthritis dan kondisi lain yang menyebabkan olahraga terasa melelahkan dan menyakitkan. Dengan berenang, pasien diabetes akan merasakan olahraga yang nyaman, tak berat, dan menyenangkan. Selain itu, berenang juga bisa menurunkan risiko terluka pada bagian kaki bagi pasien diabetes yang rentan terkena infeksi kaki.

Manfaat lain dari berenang untuk pasien diabetes adalah bisa membakar kalori dan menurunkan berat badan. Berenang bisa membakar kalori dengan cepat, dan ini penting bagi pasien diabetes. Pasien diabetes biasanya memiliki risiko tinggi terkena obesitas. Olahraga aerobik seperti berenang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan.

“Lebih dari itu, manfaat berenang merupakan olahraga yang menyenangkan dan santai, pasien diabetes juga mendapatkan bonus mental yang sehat. Dengan melakukan renang, tak hanya tubuh yang sehat dan menghindari infeksi kaki, namun pasien diabetes juga bisa membuat pikiran menjadi santai dan menghilangkan stress,” pungkasnya.[adv]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI