27 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Megawati Dapat Gelar Doktor dari Korea

JAKARTA|ACEHINFO-Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri kembali mendapat gelar doktor kehormatan. Kali ini Ketum PDI Perjuangan (PDIP) itu mendapatkan gelar itu dari sebuah universitas di Korea.

Seoul Institute of the Arts (SIA) Korea Selatan menilai Megawati memiliki komitmen tinggi terhadap perdamaian dunia, membangun demokrasi, serta komitmen terhadap lingkungan dan kebudayaan.

Megawati juga diberi gelar profesor kehormatan atas komitmen dalam mempromosikan diplomasi, seni budaya, dan ekonomi kreatif serta dalam menjamin pendidikan yang lebih baik melalui riset dan inovasi tidak hanya untuk warga negara Indonesia, tetapi juga untuk warga dunia, termasuk Korsel.

“Kami bangga untuk mengundang Anda sebagai profesor kehormatan dari Institut Seni Seoul. Kami ingin mendapatkan kebijaksanaan dan pengetahuan dan bagaimana berkolaborasi dengan budaya Indonesia,” kata President of Seoul Institute of The Arts Nam Sik Lee, dikutip dari YouTube PDIP, Rabu (11/5/2022).

Berdasarkan keputusan dewan akademik Seoul Institute of The Arts, Megawati dianugerahi penghargaan ‘Ketua Guru Besar Kehormatan’ atas pengakuan karya-karya luar biasa di bidang politik dan sosial pada disiplin ilmu kebijakan seni dan ekonomi kreatif.

Megawati mengaku bersyukur sambil menangis terharu. Megawati menjadi orang luar Korsel pertama yang mendapat gelar tersebut.

“Ketika saya membaca surat dari terhormat Bapak Nam Sik Lee, PhD, saya sungguh terharu, terutama setelah mengetahui bahwa saya bukan hanya orang Indonesia yang pertama menerima penghormatan ini, namun juga sebagai orang asing pertama,” kata Megawati.

Meski hanya lulusan SMA dan tak pernah kelar kuliah sarjana, Megawati telah mendapatkan sembilan gelar doktor honoris causa (HC) dan dua gelar profesor kehormatan. Total sebelas gelar diperoleh Megawati dari sejumlah kampus dalam dan luar negeri.

“Sungguh ini merupakan sebuah tanggung jawab yang penuh dengan penghormatan yang sangat besar, terlebih atas pertimbangan bahwa saya dinilai memiliki komitmen yang tinggi terhadap perdamaian dunia, juga di dalam membangun demokrasi serta komitmen terhadap lingkungan dan kebudayaan,” sambungnya.

Pada 2021 lalu, memperoleh gelar profesor kehormatan pertamanya dari Universitas Pertahanan (Unhan). Megawati menyandang gelar profesor bidang ilmu kepemimpinan strategi Universitas Pertahanan.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS