20.6 C
Aceh

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Mendagri Tito Sebut Harga Pangan di Tiga Daerah Aceh Stabil?

BANDA ACEH | ACEH INFO — Menteri Dalam Negeri RI, Muhammad Tito Karnavian, menyebutkan harga komoditas pangan di tiga daerah, di Aceh, relatif stabil di tengah ancaman inflasi pada Minggu ke empat Oktober 2022. Ketiga daerah yang masuk dalam 51 kabupaten/kota di Indonesia yang harga pangannya stabil tersebut adalah Aceh Tengah, Aceh Tenggara dan Simeulue.

Hal tersebut disampaikan oleh Mendagri dalam rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah yang digelar secara virtual, Senin, 31 Oktober 2022.

Rapat tersebut diikuti Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki dari Meuligoe Gubernur di Banda Aceh. Ikut mendampingi Gubernur diantaranya, Kepala BI Perwakilan Aceh, Sekda Aceh Bustami, Kepala Dinas Peternakan Aceh Zalsufran, Kepala Dinas Perhubungan T Faisal, Kepala BPKA Azhari dan sejumlah Kepala SKPA lainnya.

Mendagri Tito mengatakan, hadirnya globalisasi membuat dunia menjadi satu sistem. Kejadian di suatu negara dapat mempengaruhi negara lainnya.

Dalam kesempatan itu, Tito menyebutkan sejumlah negara yang tingkat inflasinya mulai memuncak, seperti Turki, China dan negara-negara di Eropa. Bahkan gerakan protes mulai melanda seluruh Eropa.

Tito mengatakan, inflasi yang terjadi di Eropa tersebut tidak lepas dari terhambatnya pasokan energi dari Rusia. Sehingga menyebabkan berbagai harga barang melambung tinggi.

“Kita terus memantau inflasi, keuangan, dan perekonomian kita. Inflasi di negara kita relatif landai di angka 5,95 persen dan pertumbuhan ekonomi juga baik,” kata Tito.

Mendagri itu menambahkan, stabilnya kondisi di Indonesia tidak terlepas oleh sumber daya alam yang melimpah. Selain itu, kucuran dana desa juga membuat peredaran uang merata ke seluruh daerah. Inflasi menurutnya bahkan tidak mempengaruhi wilayah perdesaan, sebab masyarakatnya mampu memproduksi sendiri bahan pangan.

Tito berharap, seluruh Pemda dapat menjalin kolaborasi yang baik dengan pemerintah pusat. Ia mengatakan, masih perlu kerja keras dan intervensi semua pihak agar kondisi perekonomian negara tetap stabil.

Dalam Rakor tersebut sejumlah pihak terkait memaparkan laporan kondisi inflasi dan berbagai strategi penanganannya. Sejumlah pihak tersebut adalah BPS, Badan Pangan Nasional, Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, TNI dan Polri.

Sementara itu, Sekda Aceh Bustami, mengharapkan seluruh jajaran SKPA dapat siaga dan mewaspadai kondisi perekonomian global.

Ia meminta Kepala SKPA bekerja keras agar realisasi belanja daerah dapat direalisasikan sesuai target sehingga uang dapat beredar di masyarakat.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah