25.1 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Minyak Dunia Turun, Pemerintah Indonesia Malah Naikkan Harga BBM Subsidi?

spot_img

BANDA ACEH | ACEH INFO – Pemerintah akhirnya mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada Sabtu, 3 September 2022 siang. Wacana Indonesia menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) sebenarnya sudah lama disuarakan Luhut Pandjaitan, meski di tengah kondisi harga minyak dunia sedang anjlok dalam sebulan terakhir.

Saat ini, Pemerintah Indonesia menetapkan harga BBM jenis Pertalite dari harga semula Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter. Sementara solar subsidi dari Rp 5.150 per liter menjadi Rp 6.800 per liter, dan Pertamax menjadi Rp 14.500 per liter.

Menteri Keuangan Sri Mulyani melalui akun YouTube Sekretariat Presiden mengakui banyak warga yang mempertanyakan kebijakan “aneh” pemerintah Indonesia hari ini. Apalagi kondisi dalam sebulan terakhir, harga minyak dunia sedang anjlok.

“Kami terus mengalami perhitungan dengan harga ICP yang turun ke US$ 90 sekalipun, maka subsidi masih akan besar,” jelasnya.

Rata-rata harga minyak dunia sejak awal tahun (year to date/ytd) masih berada di level US$ 97 per barel. Sri Mulyani menuturkan subsidi tetap akan melonjak tinggi.

“Dengan perhitungan ini maka angka kenaikan subsidi yang waktu itu disampaikan di media dari Rp 502 triliun tetap akan naik. Tidak menjadi Rp 698 triliun namun Rp 653 triliun,” terang Sri Mulyani seperti dikutip dari CNBC Indonesia.

Sementara itu, apabila rata-rata harga minyak US$ 85 per barel maka tambahan subsidi akan menjadi Rp 640 triliun.

“Perkembangan ICP harus dan akan kita monitor karena suasana geopolitik dan proyeksi ekonomi dunia masalah karena dinamis. Kami akan terus mengalokasikan subsidi bagi masyarakat,” paparnya.[]

EDITOR: BOY NASHRUDDIN AGUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah