30.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Musim Haji Usai, 5 Jamaah Asal Aceh Meninggal

BANDA ACEH | ACEHINFO – Kelompok Terbang (Kloter) 6 Jemaah Haji Embarkasi Aceh telah tiba di Tanah Rencong, pada Senin, 2 Agustus 2022, malam sekitar pukul 21.21 Waktu Indonesia Barat (WIB). Rombongan ini menjadi kloter terakhir sekaligus menandakan seluruh jemah haji asal Aceh telah kembali.

“Alhamdulillah, fase pemulangan jemaah haji Aceh tahun ini telah selesai,” kata Koordinator Hubungan Masyarakat (Humas) dan Penerangan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Aceh, Tajri, dalam keterangan tertulis, pada Selasa, 2 Agustus 2022.

Jemaah berjumlaah 62 orang tersebut dikatakan Tajri, tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Kabupaten Aceh Bessar, Aceh, menumpangi pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA3210.

Mereka berangkat dari bandara Prince Muhammaf bin Abdul Aziz (MED) Senin, 1 Agustus 2022, sekitar pukul 09.41 Waktu Arab Saudi (WAS) dengan bergabung dengan jemaah kloter 10-KNO, Medan.

Tajri menyebutkan, dari 2.022 jemaah haji yang diberangkatkan ke Arab Saudi, hanya 1.998 jemaah kembali ke tanah air. Empat jemaah meninggal dunia selama proses pelaksanaan haji tahun ini.

Empat jamaah tersebut, yakni Muslim bin Abdul Wahab Salam (51), Abdul Manaf bin Dahlan Abubakar (55), jemaah Kloter 01-BTJ asal Kabupaten Pidie Jaya.

Selanjutnya, Nurkharijah binti Muhammad Yunus (64) dari Kabupaten Aceh Barat dan Intan Sani binti Abdullah (61) asal Kabupaten Aceh Barat Daya dinyatakan meninggal dunia di Arab Saudi dari Kloter 5.

Tajri juga mengatakan, pada fase pemulangan jemaah haji tahun 2022, bandara SIM menerima kedatangan 1.567 jemaah dari bandara King Abdul Aziz (JED), Jeddah. Sementara sisanya, 451 jemaah diberangkatkan melalui bandara Prince Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah.

“Kita sudah menerima kepulangan 1.998 jemaah dari Arab Saudi, masing-masing 1.567 jemaah kita dari Jeddah dan 451 jemaah dari Madinah,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Kesehatan PPIH Debarkasi Aceh, Yusri mengatakan jemaah Kloter 6 tidak ada yang dirujuk ke rumah sakit.

“Alhamdulillah, jemaah Kloter 6 dalam kondisi baik semua,” kata Yusri.

Dia menambahkan, saat ini satu jemaah masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Zainoel Abidin (RSUDZA) Kota Banda Aceh, Srimulyani binti Basri (39) dari Kloter 5 asal Kabupaten Aceh Besar. Jemaah tersebut dalam keadaan lemah dan penurunan kondisi pasca kemoterapi.

“Masih ada satu jemaah kloter 5 yang dirawat di RSUZA, kalau ada perkembangan nanti kita informasikan,” ucapnya.

Sehubungan dengan itu, satu jemaah Kloter 2 asal Kabupaten Aceh Tenggara yang dirujuk ke RSUDZA, pada Rabu, 27 Juli 2022 lalu, meninggal dunia pada Senin, 1 Agustus 2022 sekitar pukul 15.00 WIB.[]

PEWARTA: MUHAMMAD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah