20.6 C
Aceh

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Panwaslih Langsa Gelar Rakor Fasilitasi Sentra Penegakan Hukum Terpadu

LANGSA | ACEH INFO – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Langsa menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Fasilitasi Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), Kamis, 24 November 2022, di Hotel Harmoni setempat.

Ketua Panwaslih Kota Langsa, Muhammad Khoiri, menyampaikan bahwa Sentra Gakkumdu ini terdiri dari Panawaslih Kepolisian dan Kejaksaan. Dan, yang ditekankan dalam Sentra Gakkumdu ini adalah sinergisitas ketiga lembaga tersebut.

Khairi menegaskan, bahwa Sentra Gakkumdu Kota Langsa telah menjalankan tugas dan fungsinya dalam penanganan pelanggaran yang terjadi pada Pemilu tahun 2019. Dimana, pelanggaran pemilu yang terjadi saat itu telah ditangani sampai ke pengadilan.

“Dalam rakor ini nantinya akan dilakukan pemantapan materi dari Kejaksaan dan Kepolisian, semoga acara ini berlangsung dengan baik, sehingga kita bisa menyrap ilmu-ilmu yang dipaparkan oleh narasumber,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia yang juga Koordinator Sekretariat Panwaslih Kota Langsa, Muhammad Ikram, menyampaikan, Rakor ini untuk membangun sinergitas bersama unsur Bawaslu, Polri dan Kejaksaan. Hal ini sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum dan Peraturan Bawaslu Nomor 31 Tentang Penegakan Hukum Terpadu.

Oleh karena itu, kita berharap melalui Sentra Gakkumdu ini dapat menekan berbagai pelanggaran seperti politik identitas, netralitas ASN, termasuk pidana pemilu serta dalam rangka mengafirmasi keadilan pemilu sebagai prasyarat utama dalam mewujudkan pemilu yang berintegritas’.

Sementara tujuan kegiatan ini untuk menyelaraskan pemahaman dan meningkatkan kapasitas anggota Sentra Gakkumdu dalam pelayanan penanganan pelanggaran pidana Pemilu.

Dalam rakor itu dihadiri Komisioner Panwaslih Langsa, Agus Syahputra Riswandar, Kasat Intelkam Polres Langsa, AKP Alfiandi Lubis dan tamu undangan lainnya.

Sementara narasumber adalah Kasat Reskrim Polres Langsa, Iptu Imam Aziz Rachman dan Kasi Pidum Kejari Langsa, Edwardo.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah