25.6 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Papeda Makanan Khas Papua Ikut Meramaikan Aceh Culinary Festival 2022

spot_img

BANDA ACEH | ACEH INFO – Aceh Culinary Festival (ACF) 2022 tidak hanya menjaja serta menyajikan kuliner khas masing-masing daerah dari 23 kabupaten kota yang ada di Tanah Rencong, tetapi juga melibatkan sejumlah provinsi lain untuk ikut serta. Sesuai misi kegiatan yakni melestarikan dan mempromosikan kuliner-kuliner tradisional Nusantara.

Pergelaran yang dilaksanakan mulai 5-7 Agustus di Taman Sulthanah Safiatuddin, Kota Banda Aceh, Aceh, tersebut menyajikan lebih kurang sekitar 700 menu makanan yang siap memanjakan lidah pecinta kuliner tradisional hingga modern.

Di antaranya kuliner yang dijajakan Himpunan Mahasiswa Papua (Himapa) Banda Aceh. Melabel stan dengan Papeda Cita Rasa Himapa (Mahasiswa Papua), para pemuda dari Bumi Cendrawasih tersebut mempromosikan makanan khas mereka di Aceh Culinary Festival (ACF) 2022.

“Kami menyajikan ini hanya untuk event ini saja. Panitia mengajak kami,” kata Habel Penggu, mahasiswa asal Papua.

Papeda merupakan jenis olahan makanan yang berasal dari sagu khas Indonesia timur tepatnya tanah Papua. Olahan sagu tersebut kemudian dicampur dengan ikan kuah kuning serta kubape atau kangkung bunga pepaya.

Selain papeda, bahan lain yang berbeda dalam masakan ini terdapat pada bumbu ikan kuah kuningnya. Sementara, untuk ikan yang digunakan sama, yakni ikan tongkol atau dalam Bahasa Aceh, eungkot sure.

“Ini pengganti nasi kalau kami di sana,” ujar Habel.

Kehadiran menu makanan berbahan dasar sagu khas dari Bumi Cendrawasih tersebut ternyata mengundang rasa penasaran. Beberapa pengunjung tampak mengunjungi stan milik mahasiswa Papua sekedar melihat hingga membelinya.

Seperti Yuyun, warga Kota Banda Aceh. Selama ini ia hanya bisa melihat papeda di dunia maya dan sama sekali belum pernah mencicipinya.

“Sebenarnya penasaran saja sama kuah kuningnya karena belum pernah rasa jadi di sini baru mau rasa,” kata Yuyun.

Sementara itu, Sekretaris Himapa Banda Aceh, Gloria Rossama Arbie mengatakan, ada dua paket menu makanan yang disajikan. Paket satu yakni papedah disertai ikan kuah kuning dan. Sementara paket dua yaitu keladi tumbuk ditambah ikan asar sambal mentah serta kubape.

“Kalau untuk papedanya kami langsung -kirim- dari Papua,” kata, Gloria.

“Harga untuk paket yang pertama Rp75 ribu, kemudian paket yang kedua Rp50 ribu,” imbuhnya.[]

PEWARTA: MUHAMMAD

EDITOR: BOY NASHRUDDIN AGUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah