25.2 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Pasokan Listrik di Sebagian Aceh Sempat Terganggu Tadi Malam, Ini Penjelasan PLN

spot_img

BANDA ACEH | ACEH INFO – Listrik di beberapa kabupaten/kota di Provinsi Aceh kembali mengalami gangguan pada Selasa, 10 Januari 2023 malam. Hal ini mengundang tanda tanya dari sejumlah pelanggan yang terdampak pemadaman, terlebih beberapa waktu lalu General Manager PT PLN (Persero) UID Aceh, Parulian Novandi, saat bertemu Ketua DPR Aceh Saiful Bahri mengaku kondisi kelistrikan di Aceh sudah bisa diandalkan.

“Aceh Timur kenapa mati lampu?” tanya seorang warga Aceh Timur melalui pesan singkat WhatsApp, Selasa malam.

Hal senada juga dikeluhkan seorang warga dari kawasan Mata Ie, Aceh Besar, yang menyebutkan kondisi serupa dialami mereka.

Apa yang dirasakan warga Aceh Timur dan Aceh Besar ini tidak setakat dengan informasi yang disampaikan General Manager PT PLN (Persero) UID Aceh, Parulian Novandi beberapa waktu lalu kepada Ketua DPR Aceh, Saiful Bahri. Saat itu, Parulian mengaku pasokan listrik di Aceh saat ini dalam kondisi surplus dan tidak lagi bergantung dengan wilayah tetangga, Sumatera Utara. Pihak PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) bahkan menyatakan siap memberikan dukungan energi apabila ada industri-industri baru yang hendak dibuka di Aceh.

Terkait hal ini, Manajer Komunikasi dan TJSL PLN UID Aceh, Ridhwan Saputra, Rabu, 11 Januari 2023, menyampaikan permintaan maaf dari PT PLN (Persero) kepada konsumen. Dia menyebutkan pemadaman tersebut disebabkan adanya gangguan pada Sub Sistem Aceh sehingga mengakibatkan pemadaman di beberapa lokasi.

Ridhwan menambahkan, petugas PT PLN terus berupaya menormalkan listik kembali saat arus listrik terputus di beberapa kabupaten/kota, di Aceh. “Kami memohon maaf sebesar-besarnya kepada pelangan,” kata Ridhwan.

Baca: PT PLN Sebut Siap Penuhi Pasokan Listrik Untuk Kebutuhan Industri di Aceh

Lebih lanjut Ridhwan menjelaskan pasokan listrik di Aceh mengalami gangguan mulai pukul 21.11 WIB. Sementara penyebab gangguan tersebut disebutkan terjadi lantaran hilangnya pasokan listrik sebesar 84,29 MW dan terhentinya penjualan listrik kepada 227.315 pelanggan PT PLN (Persero).

PLN bergerak cepat dengan melakukan sejumlah antisipasi untuk mengurangi dampak dengan mengaktifkan seluruh pembangkit tenaga diesel. Selain itu, PLN juga memaksimalkan semua pembangkit dengan daya yang dibangkitkan hingga 48.73 MW.

“Selain itu PLN juga memastikan seluruh pembangkit dan infrastruktur kelistrikan di PLN Wilayah Aceh dalam kondisi aman,” kata Ridhwan lagi.

Pada pukul 22.00 WIB, kata dia, sistem kelistrikan PLN Wilayah Aceh mulai pulih bertahap bersamaan dengan beroperasinya sejumlah pembangkit diesel. Hingga pukul 23.56 WIB, menurut Ridhwan, sistem kelistrikan Aceh telah normal dan dapat mengalirkan energi listrik kembali ke pelanggan.

“Alhamdulillah saat ini kondisinya sudah normal kembali. Kami mohon maaf sebesar-besarnya kepada pelanggan atas kejadian tersebut,” kata Ridhwan dalam pernyataannya menjawab pertanyaan acehinfo.id.[]   

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI