Newspaper Theme
Newspaper Theme

INFO POPULAR

Peduli Bencana Banjir Aceh Utara, Fakultas Kedokteran Unimal Buka Posko Pengobatan Gratis

Sponsored by

LHOKSUKON I ACEH INFO – Para alumni dan civitas akademika Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe, membuka posko kesehatan dan memberi pengobatan gratis, di Gampong Keutapang, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Kamis (6/1/2022).

Di Posko pengobatan gratis tersebut juga diberikan penyuluhan kesehatan dan bahaya bencana kepada masyarakat korban banjir di Aceh Utara. Posko kesehatan itu merupakan bentuk kepedulian alumni dan civitas akademika FK Unimal terhadap korban bencana alam banjir di Aceh Utara. 

Dekan FK Unimal Lhokseumawe, dr Muhammad Sayuti Sp. B (K) BD mengatakan, turut prihatin atas bencana banjir yang menimpa sejumlah daerah di Aceh. Maka dari itu, sivitas akademika Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh ikut terlibat dalam membantu korban banjir, dengan cara melakukan pengobatan spesialistik, pengobatan umum, dan penyuluhan bencana.

“Untuk kegiatan ini, pihak alumni FK Unimal bekerja sama dengan posko bencana Unimal dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, kegiatan ini juga dibarengi dengan bantuan sosial kepada masyarakat korban banjir,” katanya.

Sayuti menyebutkan, pada kegiatan tersebut dihadiri oleh 236 masyarakat sekitar, dengan melibatkan sejumlah tenaga medis dengan berbagai spesialisasi, termasuk spesialis kulit, spesialis bedah, spesialis anak, dan spesialis paru.

Lanjutnya, selama ini FK Unimal aktif terlibat dalam penanggulangan bencana di Aceh. Keunggulan, ini memiliki visi sebagai Fakultas Kedokteran yang unggul dalam kedokteran kebencanaan.

“Kegiatan ini dimulai dari pagi hingga siang. Masyarakat sangat antusias datang baik untuk mendapatkan pengobatan maupun mengikuti penyuluhan bencana banjir,” kata dr Muhammad Sayuti.

Seorang warga Gampong Keutapang, Abu Bakar menyampaikan, ia datang untuk mendapatkan pengobatan karena mengalami beberapa keluhan kulit sejak banjir melanda. Bahkan, pemerintah gampong juga menyampaikan apresiasi atas kegiatan tersebut.

“Menurut Geuchik Gampong Keutapang, dalam kondisi bencana banjir masalah kesehatan adalah salah satu masalah yang mendesak,” tambah Sayuti.

Sementara itu, Ketua Panitia, dr. Anna Milizia Sp. An mengatakan, suksesnya semua kegiatan yang dilakukan FK Unimal berkat uluran tangan dan kerja sama semua pihak.

“Kami coba bersinergi dengan seluruh sivitas akademika lainnya dalam berempati pada korban banjir,” terangnya.

PENULIS : FERIZAL HASAN 

Newspaper Theme

TERKINI