25.1 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Pemerintah Buru Bjorka, Emang Bisa?

spot_img

JAKARTA|ACEHINFO-Aksi Hacker Bjorka yang membobol dan mengobral data pribadi sejumlah pejabat negara masih menjadi perhatian. Apalagi kini banyak pihak yang berusaha mencari tahu siapa sebenarnya sosok itu.

Bahkan meski Bjorka mengaku berada di Polandia, ada juga yang percaya bahwa dia sebenarnya dia adalah warga Indonesia. Sejumlah pemuda dikaitkan dengan akun yang mengaku memiliki ribuan data rahasia dari Indonesia itu.

Salah satunya pria asal Cirebon, Jawa Barat. Pemuda berinisal MSF yang masih berumur 17 tahun itu dituding sebagai pemilik akun Hacker itu. Namun dia membantah tudingan ini.

Seperti dilansir detik.com, MSF mengaku terganggu dengan kabar itu. Dia juga tak tau pasti mengapa tudingan itu dialamatkan kepadanya.

“Kalau dituduh Bjorka, saya bukan Bjorka. Perlu diingat saya itu bukan Bjorka,” kata MSF.

Sebelumnya Menko Polhukam Mahfud Md mengaku tim khusus perlindungan data sudah mengetahui sosok Bjorka. Mahfud menyebut pemerintah mengetahuinya lewat alat pelacak.

“Gambaran-gambaran siapa dan di mananya itu kita sudah punya alat untuk melacak itu semua,” katanya.

Mahfud mengatakan, dengan adanya aksi ini, pemerintah akan bekerja maksimal dalam melindungi data. Pemerintah berjanji akan menjadikan peristiwa ini sebagai pengingat.

“Kita membuat satgas untuk lebih hati-hati karena dua hal. Pertama, peristiwa ini ingatkan kita agar kita memang membangun sistem lebih canggih. Kedua, dalam sebulan ke depan ada perundangan, undang-undang perlindungan data pribadi (PDP) yang sudah disahkan di DPR di tingkat 1, berarti tingkat 2 di paripurna tak akan ada pembahasan substansi,” katanya.

Sekali lagi, Mahfud menegaskan bahwa tidak ada data rahasia negara yang bocor. Mahfud mengatakan pemerintah akan berhati-hati.

“Dan untuk masyarakat Indonesia, data-data yang sifat rahasia sampai sekarang belum ada, tapi kita akan jadikan ini sebagai pengingat kita untuk berhati-hati,” pungkas Mahfud.

Banyak yang mempertanyakan kemampuan alat negara untuk melancak siapa sebenarnya sang Hacker tersebut. Banyak pula yang yakin data-data yang disampaikan Bjorka valid.

Terlepas dari itu semua, publik banyak berharap agar pemerintah dapat lebih cepat melakukan upaya perlindungan data di Indonesia yang kerap dibobol dan diperjual belikan di situs gelap.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah