25.6 C
Aceh

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Pemerintah Diminta Serius Tangani Polio di Aceh

BANDA ACEH | ACEH INFO – Pemerintah Aceh diminta untuk serius menindaklanjuti temuan kasus polio di daerah Pidie yang kini berstatus sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Dengan adanya temuan tersebut, disebutkan virus yang sempat dinyatakan punah itu ternyata masih ada di Aceh.

“Pemerintah harus melakukan tracking di semua kabupaten dan kota dengan bekerja sama dengan Dinkes setempat,” ujar Juru Bicara Fraksi PKS, Nova Zahara, saat menyampaikan pendapat akhir fraksi tersebut dalam sidang paripurna DPR Aceh, Rabu, 23 November 2022.

Baca: Kasus Polio Ditemukan di Pidie

Penekanan terhadap polio ini juga disampaikan dr Purnama Setia Budi pada sidang paripurna bergagendakan pergantian antar waktu Wakil Ketua DPR Aceh, Kamis, 24 November 2022. Dia khawatir tidak adanya koordinasi antara Pemerintah Aceh dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam penanganan pasien polio.

Baca: Kapolsek Sawang Sambangi Warga Penderita Lumpuh Layu

Kekhawatiran tersebut dilatarbelakangi dari informasi yang diterima dr Purnama bahwa pasien polio dari Mane, Pidie, dirujuk ke Rumah Sakit Umum Zainal Abidin secara mandiri. Setiba di Banda Aceh, pasien polio tersebut justru masuk rumah singgah yang ada di Banda Aceh.

“Polio ini penyakitnya menular, dan bila kita tidak menaruh perhatian ini yang kita takutkan adalah penyakit ini akan terus menular kepada anak-anak lain yang ada di Aceh,” kata dr Purnama.

Dia juga meminta Pemerintah Aceh melakukan pemeriksaan secara menyeluruh di daerah kabupaten dan kota yang lain. Apalagi temuan polio di Pidie merupakan inisiatif Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. “Yang kita takutkan adalah polio ini sedang merebak di seluruh Aceh,” kata dr Purnama.

Baca: Baitul Mal Aceh Utara Verifikasi Rumah Tidak Layak Huni di Baktiya

Informasi yang ditelusuri acehinfo.id diketahui terdapat empat kasus polio yang ditemukan di Pidie. Satu pasien diantaranya masih menjalani terapi di RSUZA Banda Aceh sementara sisanya masih berada di rumah masing-masing.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah