28.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Pendaftaran Ditutup, Tak Ada Calon Bupati Jalur Perseorangan di Aceh Tamiang

KARANG BARU | ACEH INFO – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tamiang memastikan tidak ada calon independen atau perseorangan dalam Pilkada Serentak 2024 di Aceh Tamiang.

Hal ini dikarenakan tak ada pendaftaran maupun penyerahan berkas calon independen hingga akhir batas waktu, pada Minggu, 12 Mei 2024, pukul 24.00 WIB.

“Penutupan penerimaan berkas dukungan bakal calon bupati dari jalur perseorangan resmi ditutup pada, Minggu, 12 Mei 2024, pukul 24.00 WIB dan telah dilakukan rapat pleno yang dihadiri seluruh Komisioner KIP Aceh Tamiang,” ujar Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KIP Kabupaten Aceh Tamiang, Rusli, Senin 13 Mei 2024.

Baca juga: Satu Paslon Wali Kota Jalur Independen Serahkan Syarat Dukungan ke KIP Langsa

Sementara itu, kata Rusli, untuk pendaftaran bakal calon bupati melalui dukungan partai politik akan dibuka sejak 27 hingga 29 Agustus 2024.

Untuk syarat yang harus dipenuhi bakal calon bupati dari partai politik yakni memenuhi 15 persen dari jumlah Kursi DPRK Aceh Tamiang atau 15 persendari suara sah yakni sebanyak 25.663 suara sah.

Hal ini sesuai dengan Qanun Aceh Nomor: 12 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur/Bupati Dan Wakil Bupati Serta Wali Kota Dan Wakil Wali Kota.

“Saat ini sedang berlangsung tahapan perekrutan badan ad hoc, untuk PPK sedang tahapan wawancara dan PPS sedang tahapan penelitian berkas administrasi,” pungkas Rusli.[]

 

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS