29.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Pengeroyokan Diusut, Penistaan Agama Ade Armando Gimana?

JAKARTA|ACEHINFO-Selain menjadi korban pengeroyokan, Ade Armando pernah terjerat kasus dugaan penistaan Agama. Berbeda dengan kasus pengeroyokan yang telah ada tersangkanya, laporan kasus penistaan agama yang diduga dilakukan Ade Armando tak jelas nasibnya hingga kini.

Kabid Humas Polda Metro Jaya menolak mengomentari lebih jauh mengenai laporan terhadap Ade Armando itu. “Waduh saya enggak mau komentar dulu lah,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan kepada wartawan, Kamis (14/4).

kasus dugaan penodaan agama oleh Ade Armando itu bermula dari adanya laporan seorang warga, karena cuitan yang dibuatnya di akun Twitter tahun 2016 silam. Kala itu, Ade menuliskan ‘Allah kan bukan orang Arab. Tentu Allah senang kalau ayat-ayat-Nya dibaca dengan gaya Minang, Ambon, China, Hiphop, Blues’.

Polisi sempat menerbitkan Surat Penghentian Penyidikan Perkara (SP3) atas kasus ini. Namun, pihak pelapor lantas menggugatnya Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Hasilnya, majelis hakim mengabulkan gugatan tersebut. Dengan demikian, sampai saat ini Ade masih berstatus sebagai tersangka dugaan tindak pidana penistaan agama.

Selain kasus itu, pada 2017 Ade Armando pernah mengunggah foto Habib Rizieq Shihab bersama sejumlah ulama memakai topi Santa Claus. Ade pun kembali dilaporkan ke Bareskrim Polri.

Dalam perkara ini, Ade dilaporkan atas kasus dugaan tindak pidana ujaran kebencian bernuansa suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Lalu, pada 2018, Ade juga membuat cuitan bahwa azan tak suci. Untuk kesekian kali ia pun dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Kasus ini juga tak diproses Polri.

Zulpan bilang, saat ini pihaknya masih fokus untuk mengusut tuntas kasus pemukulan dan pengeroyokan terhadap Ade Armando. “Satu-satu dulu lah biar fokus bekerja kita rampungkan dulu,” ucap Zulpan.

Di sisi lain, Zulpan juga menepis isu bahwa pihaknya mengistimewakan Ade. Ini berkaitan dengan bagaimana polisi langsung bergerak cepat untuk menyelidiki dan menangkap para pelaku pemukulan.

Kata Zulpan, kasus pemukulan Ade masih berkaitan dengan aksi demo yang berujung ricuh. Selain Ade, pihaknya pun juga mengusut kasus pembakaran Pospol Pejompongan.

“Cuma kan media viral Ade Armando, seolah-olah Ade Armando dispesialkan, enggak, enggak gitu juga,” ujarnya.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI