25.1 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Pengurus ACT Diduga Gunakan Dana Amal untuk Pribadi

spot_img

JAKARTA|ACEHINFO-Penyidik Bareskrim Polri menduga pengurus lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyalahgunakan donasi dari masyarakat untuk kepentingan pribadi sejumlah petinggi lembaga itu. Polri kini sedang menyelidiki lebih lanjut kasus ini.

“Dalam penggunaan dana hasil donasi tersebut diduga pihak yayasan ACT menyalahgunakan dana tersebut untuk kepentingan pribadi bagi pengurus yayasan yang ada di dalamnya,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Jumat (8/7).

Kasus dugaan penyelewengan dana donasi yang dikumpulkan ACT kini tengah dalam penyelidikan Bareskrim Polri berdasarkan Laporan Informasi Nomor LI/92/VII/Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus. Sejauh ini ACT menghimpun dana hingga ratusan miliar rupiah dari para donaturnya.

Ramadhan menyebut ACT semula bergerak untuk tanggap darurat, program pemulihan pasca bencana, pemberdayaan, dan pengembangan masyarakat serta program berbasis spiritual seperti kurban, zakat dan wakaf pada 2005 usai Tsunami Aceh.

Sejak itu ACT berhasil mengembangkan yayasan dan menghimpun dana kemanusiaan melalui program kemitraan hingga corporate and social responsibility (CSR).

“Diduga terdapat indikasi bahwa penggunaan dana tersebut digunakan untuk kepentingan terlarang. Tentu dugaan-dugaan ini akan didalami telusuri dan diselidiki,” jelasnya.

Sebelumnya Kementerian Sosial telah mencabut izin Penyelenggaraan Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) yang telah diberikan kepada ACT. Upaya itu dilakukan setelah polemik keuangan ACT mencuat ke publik setelah diberitakan oleh tim investigasi Majalah Tempo.

Uang donasi yang disalurkan ACT tidak sesuai dengan jumlah yang digalang. Kemudian uang donasi disinyalir juga mengalir ke dompet para petinggi lembaga tersebut.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah