24 C
Aceh

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Pentingnya Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tumbuh Kembang Anak

BANDA ACEH | ACEH INFO – Aceh berada pada peringkat ketujuh provinsi di Indonesia yang menempati urutan tertinggi stunting. Diharapkan para ibu dapat memahami pentingnya menjaga pola asuh anak agar dapat mencegah stunting.

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat dari kekurangan gizi kronis, sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Kekurangan gizi terjadi dari sejak bayi dalam kandungan hingga pada masa awal setelah bayi lahir.

Namun kondisi stunting baru kelihatan setelah bayi berusia dua tahun. Pada periode inilah sebenarnya penting dilakukan pencegahan karena stunting sebenarnya dapat disembuhkan.

Direktur Rumah Sakit Pendidikan Universitas Syiah Kuala (RSP USK) Banda Aceh, dr Iflan Nauval M ScIH Sp GK (K) mengungkapkan pola asuh orang tua menjadi poin penting terhadap tumbuh kembang anak dan mencegah stunting.

Namun banyak yang ditemui di lapangan bahwa pola asuh pemberian makanan kepada bayi masih tidak sesuai dengan kaidah-kaidah yang disarankan oleh World Health Organization (WHO) dan United Nations Children’s Fund (UNICEF).

“Jadi masih banyak diberikan susu formula di bawah usia 6 bulan, yang sebenarnya di bawah 6 bulan ini harusnya itu diberikan ASI eksklusif. Kalaupun harus diberikan susu formula, itu harus sepengetahuan dan seizin dokter anak yang merawat,” kata Dosen Fakultas Kedokteran USK ini.

Selanjutnya, makanan pendamping ASI juga menjadi poin penting, di mana orang tua harus memahami pilihan-pilihan makanan yang bergizi baik untuk pertumbuhan anak dan otak. Tidak perlu makanan kemasan atau makanan pabrik, makanan rumahan juga cukup baik.

“Makanan di rumah sudah cukup bagus. Misalnya, telur yang murah meriah dan gampang diperoleh, ikan, sayur-sayuran yang bisa dilunakkan atau diblender sesuai dengan tingkatan usia anak di bawah 2 tahun,” jelas Iflan.

Namun sambung dia, hal yang lebih penting lagi dalam upaya pencegahan stunting yaitu 1.000 hari pertama kehidupan. Pada masa ini, para calon ibu perlu untuk memahami pentingnya menjaga kesehatan, asupan, dan berolahraga dengan baik.

“Sehingga sel-sel telur yang dihasilkan oleh ibu dan sel sperma yang dihasilkan oleh calon bapak juga memiliki kualitas yang bagus dan sehat,” terangnya.[](adv)

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah