27.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Pergantian Tahun Baru Hijriyah, Momentum Muhasabah Kinerja

BIREUEN I ACEH INFO – Peringatan tahun baru Islam diperingati oleh umat Islam di seluruh dunia. Di Indonesia peringatan 1 Muharram 1444 Hijriyah bertepatan dengan tanggal 30 Juli 2022 ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Peringatan 1 Muharram dilaksanakan untuk mengenang kembali sejarah hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah.

Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Kemenag Kabupaten Bireuen, momentum pergantian tahun hijriyah hendaknya dijadikan sebagai momentum untuk muhasabah atau introspeksi diri guna meningkatkan etos kerja serta muhasabah dalam hal pelayanan kepada masyarakat.

Demikian antara lain harapan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bireuen, Dr Muhammad Amin MA yang disampaikan melalui Kasubbag Tata Usaha Iskandar SHI dalam memasuki awal tahun Hijriyah.

Ia mengatakan, hijrah tidak saja diartikan sebagai pindah dari satu tempat ke tempat lain, hijrah memiliki banyak makna, hijrah bisa juga dimaknai mengubah kebiasaan dari tidak baik ke arah yang lebih baik.

“Bahwa hijrah harus dimaknai secara umum, hijrah dari yang selama ini kurang disiplin menjadi disiplin, lalu taat regulasi dan lain-lain,” kata Iskandar SHI, Sabtu (30/7/2022).

Dalam konteks peningkatan kinerja ASN Kemenag, kata Iskandar, omentum peringatan tahun baru Hijriyah bisa dijadikan momen untuk bekerja sebagaimana diharapkan pemerintah dan negara.

“Dalam konteks kita selaku ASN Kemenag, hijrah bisa dipahami juga sebagai upaya untuk mengubah perilaku dan mental dalam bertugas baik di kantor Kemenag, madrasah maupun di KUA,” katanya.

Kemenag Bireuen berharap seluruh jajaran madrasah dan KUA agar tahun baru Hijriyah 1444 ini betul betul dapat dijadikan momentum dalam muhasabah diri yang kemudian dari muhasabah itu bisa membangun citra lembaga ke arah yang dicita-citakan.

“Muhasabah diri, introspeksi diri masing masing ASN di madrasah, KUA yang pada akhirnya menambah kepercayaan masyarakat terhadap Kemenag,” pintanya.

Selain itu, Kemenag Bireuen menghimbau kepala madrasah dan kepala KUA untuk mengisi apel, upacara Senin pagi mendatang dengan topik terkait peringatan tahun baru Islam 1 Muharram.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI