25.4 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Peringati Tsunami Aceh, Ribuan Jemaah Padati Masjid Baiturrahim Lhoksukon

spot_img

LHOKSUKON | ACEH INFO – Peringatan 18 tahun bencana alam tsunami di Aceh Utara dipusatkan di Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon pada Senin pagi, 26 Desember 2022.

Acara yang dirangkai dengan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1444 Hijriah itu dipadati ribuan jemaah yang mengikuti zikir dan doa bersama yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Utara. Turut hadir unsur Forkopimda, para kepala SKPK, tokoh agama, tokoh masyarakat serta Ormas Islam.

Sekitar tiga ribu jemaah hadir memenuhi masjid kebanggaan masyarakat Aceh Utara itu. Kegiatan diawali dengan Salat Subuh berjamaah, dilanjutkan dengan zikir, shalawat dan doa bersama dipimpin oleh Imam Besar Masjid Agung Baiturrahim Tgk Jamaluddin Ismail atau Walidi.

Peringatan Maulid tersebut merupakan kegiatan yang tertunda pada Oktober lalu, disebabkan karena saat itu wilayah Lhoksukon sedang dilanda bencana banjir besar yang melanda Aceh Utara.

Dihadapan jemaah, Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi Abdullah, dalam sambutannya menyampaikan ungkapan syukur atas terlaksananya kegiatan Maulid dan zikir renungan bencana Tsunami Aceh yang terjadi 18 tahun lalu.

“Melalui peringatan Maulid ini, insyaallah kita bisa mereguk keberkahan dan mengevaluasi diri, seraya mempertebal ubudiyah kepada Allah SWT. InsyaAllah kita harapkan akan datangnya syafaat dari Nabi Muhammad SAW di hari akhir kelak,” kata Azwardi.

Tradisi Maulid ini, lanjutnya, merupakan salah satu bentuk zikir di Aceh. Peringatan Maulid yang dilaksanakan pada hari ini hendaknya tidaklah sebatas kegiatan seremonial dan rutinitas semata.

“Akan tetapi haruslah diarahkan untuk mencari jejak suri teladan yang dibawa oleh Baginda Rasulullah SAW, yang sarat dengan nilai spiritual dan religius,” ajak Azwardi.

“Zikir yang kita lakukan, baik sendiri-sendiri maupun berjamaah, hendaknya bisa menjadi doa dan memohon kepada Allah SWT agar senantiasa menjauhkan segala maksiat, mara bahaya dan bencana seperti banjir, bahkan Tsunami,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua BKM Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon Tgk Amiruddin, mengatakan rangkaian kegiatan ini adalah zikir, shalawat, dan doa memperingati bencana Tsunami Aceh, serta kenduri Maulid bersama.

“Kita harapkan senantiasa diberkahi dan dijauhi dari marabahaya,” ungkapnya didampingi Kabag Humas Setdakab Aceh Utara Hamdani.

Kegiatan zikir selesai sekitar pukul 07.00 WIB, lalu dilanjutkan dengan menikmati kenduri Maulid bersama di pelataran masjid.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI