28.2 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Peserta Åksi Demo Hendak Beri Antimo untuk Bakri Siddiq

spot_img

BANDA ACEH | ACEH INFO – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Demokrasi Muda (Gerdam) menggelar aksi unjuk rasa di Balai Kota Banda Aceh, Jumat, 9 Desember 2022. Dalam aksinya, mereka meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk mengevaluasi pemerintahan Bakri Siddiq.

“Setelah lima bulan Bakri Siddiq menjabat sebagai Pj Wali Kota, kondisi Kota Banda Aceh memilukan. Mulai tata kelola pemerintahan hingga program kerakyatan semua berjalan stagnan dan hanya sebatas simbolis belaka,” ungkap Koordinator Aksi, Mahmud Padang.

Dia menyebutkan Pj Wali Kota Bakri Siddiq juga cenderung terjebak pola pencitraan dan seolah-olah hendak mengikuti kontestasi Pilkada. Padahal, menurut Mahmud Padang, hal tersebut dilarang oleh Menteri Dalam Negeri.

Gerdam menilai selama lima bulan Bakri Siddiq menjabat, pengendalian inflasi di Banda Aceh juga tidak berjalan maksimal sesuai arahan Mendagri serta Presiden RI. Hal ini menurutnya terbukti dengan kenaikan angka inflasi sebesar 0,11 persen.

“Sehingga tingkat inflasi tahun kalender menjadi 5,33% dan sudah di atas 5% sesuai arahan Presiden,” kata Mahmud Padang.

Gerdam juga menyorot beberapa hal lain yang dianggap tidak sesuai selama Pj Wali Kota Bakri Siddiq menjabat. Di antara yang disorot termasuk maraknya kasus asusila di Banda Aceh yang terkesan tidak ada tindakan dari pemerintah setempat.

Selain itu, Gerdam juga menyorot program pembangunan fly over dan underpass baru di Simpang BPKB Banda Aceh. Gerdam juga menyorot sikap Wali Kota Bakri Siddiq yang terlalu membanggakan DAK tahun 2023 sebesar Rp47,9 miliar. “Padahal jumlahnya menurun dibandingkan tahun 2022 yang mencapai sekitar Rp70 miliar,” katanya.

Aksi Gerdam ini disambut Plt Kabag Propokim Banda Aceh, Aulia Rachmana Putra, di gerbang Balai Kota. Dalam aksinya, massa gerdam turut menitipkan antimo kepada Aulia Rachmana untuk disampaikan kepada Bakri Siddiq. Namun, pemberian itu ditolak Aulia.

Massa Gerdam turut Mendagri agar mengevaluasi Bakri Siddiq selaku Pj Wali Kota Banda Aceh. Mereka bahkan meminta Mendagri untuk mencopot Pj Wali Kota Banda Aceh. “Kinerjanya tak maksimal dan melampaui batas norma-norma di masyarakat,” kata koordinator aksi.

“Kami mahasiswa mewakili masyarakat ingin memberikan antimo kepada Pj Wali Kota Banda Aceh agar bisa melancarkan perjalanannya kembali ke ibu kota Jakarta, dan tidak mabuk selama perjalanan. Sehingga nantinya ketika kembali ke Jakarta, tidak lagi berhalusinasi seperti selama ini memimpin Kota Banda Aceh,” pungkas Mahmud Padang.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI