24.7 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Peudeung Lapan Sagoe Isi Pameran Hikayat Senjata Swarna Dwipa

BANDA ACEH | ACEH INFO – Sejumlah senjata tradisional Aceh ikut serta dipamerkan di pameran Hikayat Senjata Swarna Dwipa, di Museum Negeri Sumatera Utara, Kota Medan. Pameran ini bakal berlangsung selama satu bulan sejak 4 Oktober hingga 4 November 2022.

Pameran senjata regional Sumatera ini diikuti delapan provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Lampung.

Seremonial pembukaan secara resmi dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara, yang diwakili Kadisbudpar Sumut, Zumri Sulthony.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh melalui Kepala UPTD Museum Aceh Mudha Farsyah menyebutkan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan secara rutin dan bergantian dari delapan provinsi dari seluruh Sumatera.

“Sejak dua tahun terakhir Indonesia mengalami pandemi covid-19, sehingga pada tahun ini pameran ini kembali digelar. Alhamdulillah respon pengunjung terhadap koleksi Museum Aceh sangat antusias dan menyambut positif,” ungkap Mudha.

Menurutnya, pameran senjata ini merupakan pengenalan dan sarana pembelajaran dari peninggalan sejarah dan budaya yang dipakai oleh masyarakat lampau sebagai alat penunjang kehidupan sehari-hari, persenjataan yang dipakai untuk melindungi diri, alat peperangan dan lambang dari sebuah sejarah,

“Museum Aceh menampilkan tujuh buah koleksi diantaranya, rencong meupucok sebanyak dua koleksi, rencong pudoi, rencong meucugek sebanyak dua koleksi, peudeung lapan sagoe, dan peudeung tumpang jeungki,” ujar Mudha.

Melalui pameran senjata regional ini, Mudha mengajak seluruh masyarakat umum untuk berkunjung ke museum Sumatera Utara agar dapat melihat langsung berbagai macam senjata yang dipamerkan dari beberapa daerah di pulau Sumatera.[]

EDITOR: BOY NASHRUDDIN AGUS

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI