27 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Pj Gubernur Aceh Bersama Menteri PUPR Tinjau Lokasi Terdampak Banjir di Aceh Utara

LHOKSUKON | ACEH INFO – Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Achmad Marzuki bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, meninjau langsung Gampong Meunasah Mancang Kecamatan Lhoksukon.

Sebagaimana diketahui gampong ini merupakan salah satu wilayah yang berada di sisi Sungai Krueng Keureuto, yang terendam dari puluhan gampong di Aceh Utara yang terdampak luapan Krueng Keureutoe.

Kepada awak media, Menteri PUPR menjelaskan, dirinya diinstruksikan langsung oleh Presiden Ri Joko Widodo, untuk mengunjungi sejumlah wilayah yang terimbas banjir di Aceh Utara.

“Mohon maaf, karena baru hari ini saya bisa ke sini. Alhamdulillah banjir sudah surut, karena kalau datangnya di waktu banjir juga kita tidak bisa melakukan apa-apa. Tadi saya sudah mendapatkan laporan, bahwa ada 18 titik tanggul yang jebol akibat dari meluapnya sejumlah sungai di Aceh Utara beberapa waktu lalu,” ujar Basuki.

Seraya menambahkan, akan ada 12 alat berat yang akan diturunkan ke lokasi terdampak banjir serta 17 titik tanggul yang dilaporkan jebol.

“Insya Allah, target kita minggu ini seluruh tanggul yang jebol akan selesai kita perbaiki,” imbuh Menteri PUPR.

Sebagaimana diketahui, banjir yang melanda Kabupaten Aceh Utara diakibatkan oleh tingginya curah hujan yang berakibat pada meluapnya Krueng Keureuto, Krueng Pirak, Krueng Sawang, Krueng Peuto, Krueng Nisam dan Krueng Pasee, yang berada di Kecamatan Pirak Timur, Matang Kuli Lhosukon, Tanah Luas Samudera Cot Girek, Muara Batu, Geureudong Pase, Langkahan Dewantara, Nibong dan Kecamatan Paya Bakong.

Banjir mengakibatkan terendamnya berbagai sarana dan prasarana, infrastruktur, lahan pertanian, perkebunan, pemukiman penduduk. Banjir juga telah mengakibatkan longsor dan terputusnya jalur transportasi serta memaksa belasan ribu warga mengungsi.

Sementara itu, Plh Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh Muhammad Rahmadin mengungkapkan, selain untuk meninjau lokasi banjir, kehadiran Gubernur Aceh dan Menteri PUPR ke Aceh Utara juga untuk melihat dan merumuskan solusi terbaik bagi penanganan banjir di wilayah tersebut.

“Pak Gubernur bersama Menteri PUPR ingin melihat langsung kondisi terkini di lapangan, sehingga bisa merumuskan langkah-langkah yang tepat terhadap upaya pencegahan dan penanggulangan banjir di Aceh Utara dan sekitarnya,” ujar Rahmadin.

Tak hanya ke Gampong Meunasah Mancang, Menteri PUPR juga meninjau sejumlah lokasi lainnya, di antaranya jaringan Irigasi Jamboe Aye Kanan, Lokasi Bendung di Gamponh Rumoh Rayeuk Kecamatan Langkahan Aceh utara.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI