27.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Pj Wali Kota Banda Aceh Jadi Pembina Kehormatan Ikafensy

BANDA ACEH | ACEH INFO – Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh, Bakri Sidiq menjadi Pembina Kehormatan Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala (Ikafesy). Berbagai persoalan terkait pembangunan ekonomi dibicarakan dalam pertemuan di BaLai Kota Banda Aceh, Kamis, 4 Agustus 2022.

Pertemuan diawali dengan pemakaian baju kebesaran Ikafensy kepada Bakri Sidiq oleh Ketua Umum Ikafensy, Amal Hasan. Dalam pertemuan itu Amal Hasan menegaskan Ikafensy siap membantu menyukseskan berbagai kebijakan Pj wali kota terkait pemberdayaan ekonomi rakyat, terutama pembangunan ekonomi berbasis masjid.

“Berbagai persoalan sosial masih terjadi di Kota Banda Aceh, termasuk persoalan kemiskinan. Mudah-mudahan persoalan ini dapat diselesaikan bersama-sama, sesuai domain masing-masing. Ikafensy diminta atau tidak, akan selalu siap mendukung berbagai program peberdayaan ekonomi masyarakat,” jelas Amal Hasan.

Amal Hasan juga berharap agar Pemerintah Kota Banda Aceh membuka ruang diskusi, seminar dan kerja sama dengan Ikafensy dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Syiah Kuala agar muncul gagasan-gagasan baru dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat yang tepat guna dan tepat sasaran.

Sementara terkait pembangunan ekonomi berbasis masjid, Amal Hasan menambahkan, perputaran ekonomi di sekitar masjid sangat besar. Umunya di Kota Banda Aceh masjid berada di dekat pasar, sehingga usai shalat subuh aktivitas ekonomi sudah dimulai.

Begitu juga dengan revitalisasi pasar tradisional yang sudah dilakukan oleh wali kota sebelumnya, Amal Hasan berharap agar hal it uterus ditingkatkan, seperti melakukan penguatan pasar Mahira di Lampulo.

Menanggapi hal tersebut, Pj Wali Kota Banda Aceh, Bakri Sidiq menjelaskan, persoalan kemiskinan memang masih menjadi salah satu persalan klasik, karena itu setiap perencanaan yang dilakukan harus sesuai ada ada korelasi, sehingga bisa memberikan hasil yang maksimal.

“Saya sepakat dengan apa yang disampaikan Pak Amal Hasan, untuk pengentasan kemiskinan itu perlu perencanaan yang terkorelasi, tidak hanya pandai di program saja, harus ada korelasinya langsung. Ikafensy sebagai stakeholder mungkin bisa terlibat dalam penyusunan Musrembang. Ikafensy harus mengambil peran dalam pengentasan kemiskinan,” kata Bakri Sidiq yang juga alumni FEB USK angkatan 1986 tersebut.

Bakri Sidiq juga sangat mendukung pemberdayaan ekonomi berbasis masjid, serta peningkatan pasar Mahira sebagai sentra ekonomi. “Ada 114 masjid dalam Kota Banda Aceh. Ini harus kita makmurkan,” tegasnya.

Selain Ketua Umum Amal Hasan, pertemuan dengan Pj Wali Kota Banda Aceh itu turut dihadiri oleh beberapa Pengurus Pusat Ikafensy, antara lain: Muslim Hasan Birga (Sekjen), Zubir Husein (Wasekjen), Saiful Bahgia (Wakil Ketua), Erwin Konadi (Bendahara), Hamdani Abidin (Kabid Pendataan Alumni), Azhari Bahrul (Kabid Media dan Informasi), T. Hanasyah (Wakil Bendahara), Mentari (Kepala Sekretariat), Hemma Mahleni (Wabendum), serta beberapa pengurus lainnya.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI