28 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Pj Wali Kota Diminta Benahi Sejumlah Jalan Berlubang di Banda Aceh

BANDA ACEH | ACEH INFO – Jalan berlubang kian menjamur di sejumlah ruas jalan ibu kota Aceh, Banda Aceh. Lubang-lubang yang menganga tersebut dikhawatirkan bakal menelan korban para pelintas, apalagi berada di jalur sibuk dan ramainya kendaraan yang wara-wiri.

“Begitu banyak jalan di Banda Aceh mulai berlubang, katakan saja di sepanjang Jalan T Nyak Arief, di kawasan Gampong Pineung Jalan Panglima Nyak Makam, seputar Ulee Kareng dan banyak lokasi jalan lain yang kini sangat mengganggu masyarakat sebagai pengguna jalan,” papar Ketua DPD Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Anti-Korupsi (ALAMP Aksi), Mahmud Padang, dalam siaran pers yang diterima, Senin, 21 November 2022.

Kondisi ini menimbulkan tanda tanya besar bagi elemen mahasiswa ini, mengapa Pj Wali Kota Banda Aceh justru abai. Mereka pun mempertanyakan rencana pembangunan Kota Banda Aceh yang lebih fokus kepada proyek fly over di depan kantor Gubernur Aceh, proyek Banda Aceh Outer Ring Road (BORR), dan rencana melanjutkan pembangunan fly over Jembatan Pango.

“Kenapa Pj Wali Kota tidak fokus terlebih dahulu menangangi persoalan ini ketimbang mewacanakan mega proyek yang tidak begitu mendesak dibutuhkan masyarakat, seperti fly over,” lanjut Mahmud.

Dia menyebutkan volume kendaraan dan tingkat kemacetan di Banda Aceh belum seperti kondisi di Jakarta. Menurutnya dengan kondisi tersebut Pemko Banda Aceh masih bisa melakukan langkah-langkah ideal dan lebih masuk akal semisal memperbaiki badan jalan rusak, pengaturan rekayasa lalu lintas yang baik, dan penataan parkir.

Mahmud kemudian mencontohkan proyek pembangunan gedung Banda Aceh Madani Center masa Illiza Sa’aduddin Djamal yang menelan duit ratusan miliar. Belakangan, gedung itu terbengkalai dan bahkan beralih status kepemilikan menjadi aset provinsi.

“Itukan bisa dijadikan contoh nyata jika suatu proyek pembangunan dengan anggaran besar diwacanakan tanpa melihat tingkat kebutuhan masyarakat, maka akan sia-sia belaka. Inikan menunjukkan Pj Wali Kota Banda Aceh tidak memahami apa yang dibutuhkan rakyat,” lanjut Mahmud.

Dia turut meminta Bakri Siddiq untuk fokus menghadirkan program nyata bagi rakyat Banda Aceh, seperti kesempatan yang diberikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Apalagi pemerintahan transisi Bakri Siddiq sudah berjalan selama lima bulan.

“Pj Wali Kota harus segera melakukan kerja nyata menjawab berbagai persoalan masyarakat yang kini tengah berjuang bangkit secara ekonomi pasca pandemi, dan sedang diahadapkan dengan tingkat inflasi Kota Banda Aceh yang mencapai 5,22%. Pj Wali Kota harus lebih fokus untuk hal bermanfaat seperti itu, ketimbang mewacanakan hal yang tak mungkin dilaksanakan dengan masa jabatan yang begitu singkat,” pungkas Mahmud.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI