26.5 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Polisi Ciduk Tiga Pelaku Pembobol ATM Bank Aceh

BANDA ACEH | ACEH INFO – Tiga dari enam pelaku pembobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Aceh di Cafee VOZ Lampaseh Aceh, berhasil dibekuk polisi, Sabtu, 14 Mei 2022 siang. Identitas pelaku berhasil dilacak dari rekaman CCTV yang ada di sekitar ATM tersebut.

Ketiga pelaku yang ditangkap antaranya MAM, 26 tahun. Dia berprofesi sebagai juru parkir warga Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar. Selanjutnya, dua pelaku lainnya masing-masing berinisial MH (16) asal Banda Aceh, dan ZUF (16) asal Aceh Timur.

Saat ini polisi masih memburu tiga pelaku lainnya berinisial WAH (25), BY (25) dan BBM (23).

Sebelumnya diberitakan, sekelompok orang mencoba membobol mesin ATM Bank Aceh di kawasan Lampaseh. Upaya tersebut gagal setelah ketahuan warga.

“Alhamdulillah, dari kerja keras personel yang intens melakukan pendalaman akahirnya menunjukkan titik terang,” ungkap Kasat Reskrim, AKP M Ryan Citra Yudha, Sabtu malam.

Penyelidikan tersebut kemudian membuahkan hasil setelah Tim Opsnal mendapat informasi keberadaan mobil Toyota Avanza Putih yang dicurigai ditumpangi para pelaku. “Mobil itu terlihat berada di kawasan Lamnyong. Begitu mendapat informasi itu, tim langsung bergerak cepat,” kata Kompol Ryan.

Pelaku sempat kabur setelah mengetahui adanya petugas yang mengintai. Sekitar pukul 14.55 WIB, Tim Rimueng bentukan Polresta Banda Aceh berhasil menangkap tiga tersangka di kawasan Lambhuk, Banda Aceh. Bersama tiga tersangka, petugas turut mengamankan satu unit mobil Toyota Avanza BL 1861 LM.

Polisi saat ini masih memburu tiga tersangka lain yang identitasnya telah terungkap. Kasat Reskrim meminta ketiga tersangka yang masih buron untuk menyerahkan diri sebelum diambil tindakan tegas dan terukut.

“Begitu aksi para pelaku ini gagal, para tersangka sudah memisahkan diri di kawasan Lamnyong,” ujar Kompol Ryan.

Dia menyebutkan para pelaku telah mempersiapkan sebo sebagai penutup wajah saat menjalankan aksinya pada pukul 03.00 WIB tadi. Empat tersangka kemudian turun dari mobil dan melancarkan aksinya. Dua dari empat tersangka termasuk pelaku di bawah umur.

Sementara satu pelaku lainnya standby di bagian kemudi mobil. Sisanya mengintai warga yang melintas di jalan raya dari dalam mobil tersebut.

Empat tersangka ini, menurut Ryan, sebagian masuk ke dalam galeri sembari merusak pengait mesin ATM Bank Aceh dan mengecat kamera CCTV yang ada di sana. “Lalu, sebagian pelaku mengikat mesin ATM menggunakan trowing strap (tali penderek),” ungkap Kasatreskrim.

Tali penderek tersebut kemudian diikat ke bagian towing mobil dan kemudian ditarik hingga mesin ATM tersebut terseret hingga beberapa meter dari lokasi awal.

“Mesin ATM Bank Aceh sempat terlepas dari kedudukannya. Alhamdulillah, warga yang tanggap dan melihat hal itu langsung meramaikan lokasi. Para pelaku yang melihat hal itu langsung bergegas melarikan diri,” urai Kompol Ryan.

Kini tiga tersangka yang ditangkap tersebut sudah ditahan di Polresta untuk kepentingan penyelidikan.[]

EDITOR: BOY NASHRUDDIN AGUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI