26.1 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Polisi Setop Kasus Dewa Matahari

spot_img

JAKARTA|ACEHINFO-Polres Lebak menghentikan penyelidikan kasus pria bernama Natrom alias Ayah (62) yang mengaku sebagai dewa matahari. Natrom akan segera dipulangkan ke rumahnya di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Lebak.

Kapolres Lebak AKBP Wiwin Setiawan mengatakan penyelidikan dihentikan karena Natrom terindikasi mengalami gangguan kejiwaan. Hasil pemeriksaan itu resmi dikeluarkan oleh dokter spesialis kejiwaan RSUD Adjidarmo, Rangkasbitung.

“Jadi setelah proses penyelidikan ini, sementara kita hentikan karena berdasarkan hasil pemeriksaan dokter ahli kejiwaan. Kita akan mengembalikan Saudara NT atau AY ini ke Bayah,” kata AKBP Wiwin saat konferensi pers di Polres Lebak, Kamis (14/7/2022).

Selain alasan kondisi kejiwaan, kasus Natrom dihentikan karena hasil peninjauan polisi terhadap aspek yuridis sangkaan atas Pasal 156 KUHP. Ada beberapa unsur yang belum terpenuhi dalam kasus tersebut.

“Dari keterangan saksi-saksi bahwa saudara NT yang diduga melakukan penistaan agama tidak melontarkan kata-kata tersebut di muka umum. Tidak pernah mengajak, tidak punya pengikut tapi yang bersangkutan itu menyampaikan kata-kata secara person to person kepada saksi-saksi,” jelasnya.

Proses penyelidikan juga didapatkan bahwa Natrom menyangkal semua tuduhan para saksi. Kesimpulan para saksi yang menyebut Natrom melarang orang salat, zikir, atau mengaku sebagai Dewa Matahari disangkal oleh Natrom.

“Hasil dari pemeriksaan tidak ada kesesuaian keterangan yang disampaikan notulensi itu (hasil musyawarah di Kecamatan Bayah) dengan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh penyidik,” jelasnya.

Lebih lanjut Wiwin menjelaskan Natrom akan dipulangkan ke Bayah. Kemudian meminta MUI Lebak memberikan pendampingan spiritual kepada Natrom.

“Akan kita lakukan proses mengikuti petunjuk dokter kejiwaan melakukan terapi medis. Juga akan bekerja sama dengan MUI mengisi spiritual atau memberikan ajaran-ajaran agama yang benar,” ucapnya.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah