25.2 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Polres Aceh Tamiang Berhasil Ungkap Kasus Pencurian dan Pelecehan Seksual

spot_img

KARANG BARU | ACEH INFO – Polres Aceh Tamiang berhasil mengungkap kasus pencurian serta pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur.

Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Imam Asfali didampingi Wakapolres Kompol Arief.Sanjaya, Kasat Reskrim AKP M. Isral dan Kasi Humas Polres Aceh Tamiang AKP Untung Sumaryo, saat menggelar konferensi pers, Senin, 12 Desember 2022, menyampaikan, kasus pencurian yang berhasil diungkap yakni pencurian sarang burung walet, besi bangunan jembatan, handphone serta penggelapan sepeda motor.

Kemudian, kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur.”Dalam kasus-kasus itu kita sudah mengamankan pelaku dan barang bukti,” sebut AKBP Imam Asfaly.

Kapolres menjelaskan, pencurian sarang burun walet terjadi di Kota Kuala Simpang dengan tersangka MS, (32), warga Kecamatan Simpang Jernih Kabupaten Aceh Timur dengan barang bukti berupa, linggis, palu, pisau, tali tambang dan galah juga terdapat jangkar dibalut karet hitam pada ujung gala yang sudah disita oleh penyidik dan rekannya yang melarikan diri masi dalam proses pengejaran.

“Pelaku tersebut, tertangkap oleh masyarakatpada saat melakukan percobaan pencurian, Pada saat dikembangkan oleh pihak Polres ada tiga TKP lagi, dan saat ini masi dalam pengembangan terkait kasus pencurian sarang burung walet tersebut”, terang Kapolres AKBP Imam.

Selanjutnya, pencurian besi untuk pembangunan jembatan ada empat tersangka dan satu orang merupakan penadah, dan besi tersebut sempat di potong dengan panjang lebih kurang 2 meter.

“Kejadian tersebut terjadi, pada Rabu 7 Desember 2022, dengan kerugian mencapai Rp 9 juta. Dalam kasus itu ada empat tersangka yakni RS, (32), HS, (39), Y (38) dan Z, (56), keempatnya warga Aceh Tamiang. Petugas juga mengamankan satu unit mobil BK 9326 CY, yang digunakan sebagai pengangkut barang curian,” terang Kapolres.

Lanjut Kapolres, pencurian handpone terjadi di RSUD Aceh Tamiang dengan pelaku, MZ (43), warga Dusun Setia, Kampung Kesehatan, Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. Kejadian tersebut sudah lama, namun pelaku atau tersangka tertangkap oleh monitor CCTV sehingga kita lakukan pengejaran,” ucap Kapolres.

Selain melakukan pencurian handpone, pelaku juga menggelapkan sepeda motor. Petugas juga mengamankan barang bukti bukti berupa sepeda motor Honda Vario Techno 125, BL 5916 UR beserta STNK, dua unit handphone.

“Pelaku kita jerat dengan Pasal 363 KHUPidana dengan ancaman hukuman kurang lebih 7 Tahun penjara,” ungkap Kapokres AKBP Imam.

Sambung Kapolres, untuk kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur dilakukan oleh DM (41), warga salah satu kampung dalam Kabupaten Aceh Tamiang.

Peristiwa itu terjadi pada Sabtu, 26 November 2022, sekitar pukul 10.00 WIB, tepatnya di rumah tersangka. Dimana, saat itu korban yang sedang bermain bersama temannya yang merupakan anak dari tersangka.

Lalu, tiba-tiba pelaku datang dan memanggil korban untuk disuruh masuk ke dalam rumahnya, sedangkan teman korban yang lain disuruh pulang oleh pelaku.”Setelah korban masuk ke dalam rumah, tersangka lalu mengunci pintu dan langsung membawa korban ke kamarnya dan melakukan pelecehan terhadap korban,” jelas Kapolres.

“Usai melakukan aksi bejatnya, tersangka kemudian memberikan sejumlah uang kepada korban dan meminta kepada korbam untuk tidak bilang sama siapa,” terang Kapolres.

Kapolres menegaskan, atas kejadian itu, keluarga korban yang merasa keberatan, melaporkan tersangka kepada pihak kepolisian hingga langsung diamankan.

“Atas perbuatannya, pelakudipersangkakan dengan Pasal 47 Jo Pasal 50 Qanun Aceh No. 6 tahun 2014 tentang Hukum Jinayat, dengan ancaman hukuman 16 tahun kurungan, 200 kali cambuk dan denda paling banyak 2000 gram emas murni,” pungkas AKBP Imam Asfali.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI