24.7 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Pon Yaya Dukung Pemberdayaan UMKM Aceh

BANDA ACEH | ACEH INFO – Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Aceh diharap mampu berdaya saing sehingga dapat menembus pasar nasional bahkan internasional. Selain menggenjot kualitas, produk UMKM di Aceh juga diharap turut menyajikan kemasan yang lebih elegan dan modern sehingga mendapat nilai tinggi di mata para calon konsumen.

“Saya sangat mendukung keberadaan produk-produk UMKM di Aceh yang selama ini sudah berjalan sangat baik, tetapi kita berharap dalam mengemas bahan-bahan atau produk UMKM ini harus mampu memenuhi standar nasional, kalau bisa bahkan internasional,” ujar Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh, Saiful Bahri atau Pon Yaya, saat diwawancarai di ruang kerja Ketua DPR Aceh, di Banda Aceh, Kamis, 10 November 2022.

Meskipun demikian, dia menilai, tidak seluruh produk UMKM di Aceh yang terlihat monoton. Ada beberapa produk UMKM bahkan telah mampu menembus pasar nasional hingga internasional, baik dari sisi kualitas, kuantitas, maupun kemasannya. Beberapa produk UMKM di Aceh juga jauh lebih kreatif

“Ini wajib dipertahankan dan kalau bisa ditingkatkan sehingga produk-produk hasil karya anak negeri Aceh dapat bersaing dengan produk luar,” lanjutnya.

Namun, menurut Pon Yaya, selama ini produk UMKM di Aceh masih kesulitan mendapat tempat di ritel-ritel terkenal yang telah membuka cabang di seluruh pelosok daerah. Padahal, menurut Pon Yaya, sudah sepantasnya produk UMKM lokal yang seharusnya mendominasi etalase di pasar-pasar modern seperti itu.

“Jadi jangan hanya produk luar yang mengisi ritel-ritel modern tersebut,” katanya lagi.

Dia menilai, selama ini pemerintah sudah banyak memberikan perhatian terhadap UMKM yang ada di Aceh. “Sudah besar perhatiannya, bahkan sampai mesin untuk mengemas produk-produk UMKM turut mendapat perhatian dari pemerintah guna mendukung kualitas dan kuantitas unit usaha di Aceh. Jadi, saat ini yang diperlukan adalah pengusaha Aceh harus mampu memanfaatkan segala peluang ini untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan berdaya saing hingga mancanegara.”

Pon Yaya juga berharap pelaku UMKM di Aceh dapat memanfaatkan peluang event-event nasional yang ada di daerah tersebut dalam memasarkan produk mereka. Dia mencontohkan seperti Aceh yang bakal menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional bersama Sumatera Utara (Sumut) nantinya. “Kesempatan seperti ini juga harus dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga pengusaha UMKM di Aceh dapat lebih berjaya. Intinya kita tetap memberikan dukungan untuk seluruh kebaikan masyarakat Aceh,” pungkas Pon Yaya.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI