28.2 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Potensi Cuaca Buruk, BMKG Malikussaleh Imbau Masyarakat Siaga dan Waspada

spot_img

LHOKSUKON | ACEH INFO – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Malikussaleh mengimbau masyarakat agar senantiasa siaga dan waspada terhadap potensi cuaca buruk yang melanda Aceh, khususnya Aceh Utara dan Lhokseumawe.

Kepala BMKG Stasiun Malikussaleh Aceh Utara Siswanto, menyampaikan hasil analisis data prakirawan BMKG mengindikasikan cuaca buruk berupa hujan intensitas sedang hingga lebat akan cenderung terjadi hingga beberapa hari ke depan.

“Tentu dengan memperhatikan kondisi ini akan berdampak beberapa bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir genangan di wilayah perkotaan maupun di kawasan bantaran sungai termasuk adanya potensi luapan air sungai yang akan melimpah ke kawasan persawahan maupun pemukiman warga,” ungkap Siswanto, Jumat, 9 Desember 2022.

Lebih lanjut, Siswanto mengatakan untuk kawasan dataran tinggi atau daerah perbukitan yang secara formasi batuannya tidak kompak atau tidak kuat, akan berpotensi terjadi longsoran material dan banjir bandang.

Cuaca buruk, sambung Siswanto dapat mengakibatkan jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi. Terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah. Volume aliran sungai meningkat/banjir. Aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah.

“Termasuk angin kencang dan puting beliung,” ujarnya.

BMKG mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan melaksanakan segala aktivitas, baik di perkotaan maupun kegiatan wisata ke arah pegunungan, agar selalu waspada dan memperhatikan kondisi perubahan cuaca ekstrem yang memiliki potensi dampak atau risiko bencana.

“Kami mengimbau agar berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah, tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak. Mencari informasi terkait kebencanaan melalui media massa maupun media sosial,” imbuhnya.

“Kewaspadaan masyarakat bisa dilakukan dengan cara terus melakukan update info cuaca melalui beberapa kanal resmi BMKG seperti aplikasi Info BMKG, aplikasi MHEWS wilayah Aceh, website BMKG Signature atau bisa melalui media sosial Instagram bmkg_acehutara,” tambahnya lagi.

Siswanto merincikan terdapat beberapa wilayah yang masuk kategori siaga di Kabupaten Aceh Utara, yaitu Kecamatan Matangkuli, Pirak Timu, Lhoksukon, Tanah Luas, Baktiya Barat, dan Baktiya.

Sementara untuk wilayah yang masuk kategori waspada risiko bencana seperti Kecamatan Tanah Jambo Aye, Baktiya, Lhoksukon, Langkahan, Cot Girek, Paya Bakong, Pirak Timu, Matangkuli, Tanah Luas, Nibong, dan Kecamatan Meurah Mulia.

Selanjutnya Kecamatan Geureudong Pase, Simpang Keramat, Nisam Antara, Kuta Makmur, Sawang, Muara Batu, Banda Baro, Nisam, Dewantara, Syamtalira Bayu, Samudera, Tanah Pasir, Syamtalira Aron, Baktiya Barat, Seunuddon, dan Lapang juga masuk dalam kategori waspada.

Sementara untuk Kota Lhokseumawe terdapat dua kecamatan yang masuk kategori waspada, yaitu Blang Mangat dan Muara Dua.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI