19.5 C
Aceh

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Pria Asal Filipina Buka Warung Kopi di Aceh, Ini Kata Mantan Barista di Amerika

 

JAKARTA I ACEH INFO – Ray Laurento adalah pria asli Filipina, ia lahir dan besar di Filipina. Ia pernah bekerja sebagai barista di Filipina dan Amerika Serikat.

Namun kecintaannya pada kopi membuat ia kini menetap di Indonesia dan membuka kedai kopi di Banda Aceh.

Meskipun bisnis kedai kopinya naik turun, tapi Laurent senang bisa menyediakan kopi sekaligus memberi materi dan pelajaran soal kopi kepada para pemuda di Aceh. Ia berharap agar lebih banyak orang tertarik dengan kopi lokal khususnya kopi Aceh.

Kisah perjalanan Laurent membuka bisnis kopinya ini dibagikan lewat tayangan youtube channel Muhammad Hanif Hasballah (25/10/2021).

Laurent yang sudah mahir berbahasa Indonesia ini menceritakan perjalanannya hingga bisa memiliki kedai kopi.

“Dalam tiga bulan saya sudah bisa berbahasa Indonesia. Dibantu teman saya di sini yang sudah seperti saudara,” kata Laurent.

Kedai kopi bernama Sprout Cafe ini bukan hanya menawarkan ragam olahan kopi saja tetapi juga jadi wadah untuk belajar para calon barista. Sebelum membuka kedai kopi, Laurent justru lebih dulu membuka barista training.

Pengalamannya menjadi barista di Filipina dan Amerika Serikat menjadikan ia tahu banyak soal kopi. Terlebih lagi ia juga mengenyam pendidikan di bidang hospitality.

“Belajar kopi 4 tahun, kerja jadi barista 3 tahun. Saya sangat suka kopi dan saya mau bagi ilmu saya pada pemuda-pemuda Aceh. Karena di sini banyak yang belajar autodidak,” kata Laurent.

Dengan mendirikan kelas belajar barista ini, Laurent berharap banyak pemuda Aceh yang bisa meracik kopi sesuai standar internasional. Selama ini mereka hanya belajar tanpa tahu standarnya.

Laurent juga beberapa kali diundang sebagai pengajar untuk kelas barista di Balai Latihan Kerja (BLK) dan ia juga didapuk untuk mengajar para pemakai narkoba untuk membuat kopi agar bisa lebih produktif dan memiliki kemampuan. Laurent mengaku senang bisa berbagi ilmu.

Di bawah label kedai kopinya, Laurent juga membantu mempromosikan kopi Aceh Gayo ke luar Aceh bahkan sampai ke luar negeri. “Kami roasting biji kopi, Aceh Gayo. Dijual ke luar Aceh seperti ke Medan, ke Jakarta. Ada juga ke Amerika. Di sini kita mau perkenalkan kopi Aceh Gayo,” pungkasnya.

PENULIS : FERIZAL HASAN (JAKARTA)

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah