27.4 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

PT Garuda Tri Eka Jalin Kerjasama dengan IGI, Bantu Pendidikan di Indonesia Melalui Hybrid Smart ID Card Presensi Digital

JAKARTA I INFO ACEH – PT Garuda Tri Eka yang bergerak di bidang pengembangan sistem informasi, menjalin kerjasama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Pusat Jakarta.

Kerjasama di bidang diseminasi sistem informasi pendidikan di Indonesia dengan tujuan mendorong proses digitalisasi sekolah.

Hal itu dikatakan Owner PT Garuda Tri Eka, Putri Husna SST, M.Pd, dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) IGI Se-Indonesia di Aula Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) DKI Jakarta, Jumat (26/11/2021) malam .

Dalam kesempatan tersebut, Putri Husna Lulusan Magister LPDP bidang Teknologi Pendidikan yang juga mantan guru dan kepala sekolah Medco Foundation ini, memaparkan program kerjasama ini dihadapan ratusan Ketua IGI Seluruh Indonesia yang hadir di Pembukaan Rakornas IGI Tahun 2021.

“Sistem Hybrid Smart ID Card Presensi Digital ini, kami kembangkan untuk memenuhi kebutuhan primer sekolah, sistem ini mengintegrasikan antara Kartu Pelajar dan Presensi Digital yang akan mengirimkan informasi kehadiran siswa setiap hari secara real-time kepada wali murid melalui pesan Whatsapp (WA).

Selain itu, Website Sekolah, PPDB Online, E-Learning serta Sistem Payment digital yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan sekolah juga terintegrasi dalam sistem ini. Harapan kami, dengan sistem ini kita bersama-sama dapat mengoptimalkan komunikasi diatara sekolah dan orang tua siswa untuk mencapai tujuan pendidikan.

Sistem yang dikembangkan memudahkan pekerjaan guru dalam memberikan pelayanan pembelajaran di sekolah. Salah satu contoh, presensi digital yang disediakan sistem ini dapat digunakan saat pembelajaran tatap muka dan visual. 

Saat PTM guru piket akan login dalam sistem ini menggunakan smartphone masing-masing melalui browser tanpa aplikasi tertentu, kemudian guru dapat menemukan kartu pelajar satu pertemuan dan data kehadiran siswa akan sesuai kelas dan tercatat dalam sistem.

Kemudian, saat PJJ sistem akan mengirimkan link tertentu ke Whatsapp siswa atas otorisasi guru, saat link tersebut dikunjungi maka sistem akan mencatat data kehadiran siswa serta titik lokasi siswa pada saat bersamaan. Data kehadiran siswa ini akan dikirimkan secara real-time kepada orang tua melalui pesan whatsapp setiap harinya.

“Intinya, sistem ini mengurangi beberapa hal teknis yang dilakukan guru setiap hari saat memberikan pelayanan pembelajaran kepada siswa, bukan malah menambah pekerjaan baru kepada guru,” sebut Putri Husna.

Proses digitalisasi sekolah nanti akan kami bantu dari awal. Pada dasarnya, sistem ini akan membantu sekolah memenuhi kebutuhan primernya seperti kartu pelajar, situs web sekolah dan E-learning, adapun tambahan fitur lain yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan sekolah.

Ikatan Guru Indonesia dan Garuda Tri Eka telah mendukung untuk membantu sekolah dalam mempercepat proses digitalilasi sekolah menggunakan Hybrid Smart ID Card Presensi Digital. Sistem ini, telah terdaftar pada e-commerce Kemendikbud yang akan memudahkan teknis dan laporan dalam pemesanan menggunakan dana BOS.

Jika sekolah ingin berkolaborasi dengan kami, pihak sekolah dapat memesan langsung di situs Siplah.blili.com dengan mencari nama produk Hybrid Smart ID Card Presensi Digital. Sekolah dapat memilih spesifikasi sistem yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhannya mulai harga Rp 7000.

“Kami membantu digitalisasi sekolah mulai dari Indonesia bagian barat yaitu Provinsi Aceh, bagi sekolah di Provinsi lainnya yang ingin membantu dengan kami, tidak perlu khawatir, walaupun siswa disekolah Bapak dan Ibu hanya 1 orang siswa, kami akan tetap melayani dengan fitur dan harga yang sama . Ini merupakan bakti kami untuk Pendidikan Indonesia agar digitalisasi sekolah merata dari sabang sampai merauke.” Pungkasnya.

PENULIS : FERIZAL HASAN (JAKARTA)

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS