25.2 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Radio BBC Indonesia Berhenti Mengudara?

spot_img

RADIO BBC News Indonesia berhenti mengudara setelah 73 tahun melakukan aktivitas mereka. Penghentian program radio—baik dari London dan Jakarta — itu dimulai pada Jumat, 30 Desember 2022.

Banyak alasan yang dikemukakan BBC dalam mengambil kebijakan untuk menutup siaran radio mereka. Alasan pertama adalah penghematan. Selain itu, BBC Radio juga ditutup sebagai bagian transisi dari siaran analog menuju digital secara penuh.

Pengumuman penutupan ini juga diberitakan melalui laman website BBC.com dalam artikel bertajuk “Radio BBC Indonesia ‘undur diri’ setelah 73 tahun mengudara”. Tulisan ini digarap Heyder Affan, salah seorang Wartawan BBC News Indonesia, Jumat, 30 Desember 2022.

Dia menyebutkan, meski radio BBC Indonesia telah resmi berhenti mengudara, tetapi artikel-artikel dan berbagai video menarik, tetap dapat disimak pada layar ponsel dan komputer di situs BBC Indonesia.com dan sejumlah platform media sosial.

“Bagaimanapun, sejak mengudara pertama kali pada 30 Oktober 1949, lima tahun setelah Indonesia merdeka, BBC News Indonesia — dulu bernama BBC Siaran Indonesia — terus beradaptasi dengan kemajuan teknologi,” tulis Heyder Affan.

Radio BBC Indonesia mengudara pertama kali pada Minggu, 30 Oktober 1949. Setelah sekian lama mengudara, akhirnya radio itu memasuki masa “pensiun”.

“Langkah penghentian siaran ditempuh BBC World Service sebagai upaya penghematan sekitar £28,5 juta atau sekitar Rp537 miliar,” kata editor BBC News Indonesia, Jerome Wirawan seperti dikutip Heyder Affan.

Penghentian siaran radio dilakukan di sejumlah layanan bahasa, termasuk BBC Arab, BBC Persia, dan BBC China. Menurut Jerome, setelah tidak lagi mengudara di gelombang radio, BBC News Indonesia akan sepenuhnya fokus ke digital.

Peralihan ini dilakukan berdasarkan survei yang memperlihatkan bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai sekitar 210 juta orang.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI