29.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Ratusan Fotografer Hadiri SAFA 2023 di Meulaboh

MEULABOH | ACEH INFO – Ratusan fotografer se Aceh hadiri Silaturahmi Akbar Fotografer Aceh ( SAFA) 2023, di Pantai Desa Suak Timah, Kecamatan Samatiga, Meulaboh, Aceh Barat, Sabtu, 9 September 2023.

Agenda yang bertema “Membingkai Teuku Umar” ini di inisiasi Aceh Photo Club (APC) yang pada tahun ini dipercayakan kepada Fotografer Aneuk Meulaboh (Phogam) untuk dilaksanakan di Bumi Teuku Umar dan egenda ini di helat setiap tahunnya di kabupaten berbeda.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi, mengatakan, kegiatan ini merupakan sarana positif untuk memperkuat soliditas untuk menjalin kekompakan antara sesama profesi, untuk saling berbagi pengalaman dan pemahaman mengenai dunia fotografi saat ini.

Mahdi berharap, kegiatan ini dapat dijadikan ajang untuk mempromosikan wisata daerah melalui karya foto, dengan perkembangan teknologi saat ini serta beragam jejaring sosial yang dapat dimanfaatkan untuk mempublikasikan daerah.

Ia yakin dari berbagai karya ini mampu memberikan dampak positif untuk menunjang kemajuan pembangunan sehingga meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Ratusan Fotografer Hadiri Safa 2023 Di Meulaboh
Ratusan fotografer saat menghadiri safa 2023. Foto: apc

Pemerintah, katanya, turut mendorong para fotografer untuk memiliki sertifikat profesi, yang diterbitkan oleh lembaga resmi dengan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), sehingga kedepannya para fotografer menjadi lebih profesional dalam bekerja dan berkarya, terangnya.

Mahdi juga melakukan hunting pertama pertanda acara SAFA ini dimulai dan dilanjutkan dengan prosesi penyerahan santunan kepada anak yatim kepada Geuchik Suak Timah, untuk disalurkan kepada para anak yatim yang ada di gampongnya, yang dananya bersumber dari perkumpulan fotografer se Aceh itu.

Pada kesempatan itu juga, Ketua Harian APC Aceh, Rozi Pamella, berharap semua peserta SAFA ini berkesempatan mengikuti sertifikasi profesi.

“Jangan nanti ketika perusahaan ataupun organisasi profesi menggelar lomba foto kita tidak bisa mengikuti nya karena tidak memiliki sertifikat profesi, lalu kita marah dan kecewa selaku putra daerah,” ujarnya.

Menyikapi persoalan itu, ia mengajak semua untuk bisa memiliki sertifikat kompetensi ini agar karya fotografer anak muda Aceh ini bisa ambil bagian di semua event.

“Pada kegiatan SAFA tersebut juga diselenggarakan perlombaan yakni lomba foto ASTRA serta pemberian Anugerah Pewarta ASTRA,” katanya.

Lanjutnya, pihaknya mendapat kabar dari Ketua Umum APC, Fachrul Razi bahwa PT Astra Internasional telah menyetujui untuk mendukung kegiatan SAFA tahun 2023 di Meulaboh, menyediakan hadiah senilai sebesar Rp 87 juta, dengan cara:

Upload minimal 2 foto dengan hastag #LFA2023-APC di microsite Lomba Foto Astra https://linkr.id/lfa-apc
Untuk 290 orang pertama akan mendapat voucher gofood senilai 300 ribu rupiah langsung.

“Bagi yang belum memiliki Akun gofood silakan buat akun terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan hadiahnya,” tandasnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS