24.8 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Ratusan Kuda Ikuti Pacuan Tradisional Gayo di Blang Bebangka

TAKENGON | ACEH INFO – Sebanyak 246 ekor kuda ikut serta meramaikan event pacuan kuda tradisional Gayo di lapangan Blang Bebangka, Pegasing, Aceh Tengah, Senin, 22 Agustus 2022. Ratusan kuda yang mengikuti kegiatan tersebut berlaga di enam kelas.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar.

Pada event kali ini, Aceh Tengah menurunkan 156 kuda, Bener Meriah 70 ekor kuda, Gayo Lues 14 ekor kuda, Aceh Barat dan Banda Aceh masing-masing satu ekor kuda. Pacuan kuda tradisional kali ini juga diramaikan oleh peserta dari Aceh Tamiang dan Lhokseumawe.

Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar dalam sambutannya menyebutkan, kegiatan pacuan kuda tradisional Gayo dilaksanakan dua kali dalam setahun, yaitu pada peringatan HUT RI bulan Agustus dan peringatan lahirnya Kota Takengon pada Februari.

“Ini rutin dan alhamdulillah, pelaksanaan kali ini diramaikan dari kuda asal kabupaten luar dari wilayah Tengah Aceh lainnya,” katanya.

Ia berharap pelaksanaan pacuan kuda tradisional Gayo ini mampu menarik wisatawan luar berkunjung ke Takengon. Shabela juga menekankan agar panitia terus mengupayakan peningkatan pelayanan sarana ibadah dan air bersih di lokasi pacuan kuda.[]

PEWARTA: FAUZI

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI