26.5 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Ribuan Mahasiswa Duduki Kantor Gubernur Aceh

spot_img

BANDA ACEH | ACEH INFO – Seribuan mahasiswa gabungan dari Universitas Syiah Kuala (USK) dan Politeknik menduduki halaman kantor Gubernur Aceh, Selasa, 6 September 2022. Para mahasiswa menuntut bertemu dengan Pj Gubernur Aceh guna menyampaikan aspirasi menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Unjuk rasa mahasiswa USK yang dikoordinir oleh Muhammad Nafis Albanjiri tersebut bergerak sejak pukul 11.30 WIB dari halaman Gelanggang USK. Massa tiba di kantor Gubernur Aceh sekitar pukul 12.05 WIB.

Rencana awal, massa akan menyambangi gedung DPR Aceh. Namun, lokasi aksi bergeser ke Kantor Gubernur Aceh guna memastikan check and balance antara legislatif dan eksekutif.

Ribuan Mahasiswa Duduki Kantor Gubernur Aceh
Mahasiswa usk dan politeknik aceh menggelar unjuk rasa di halaman kantor gubernur aceh, di banda aceh, selasa, 6 september 2022. Foto: boy nashruddin agus

Sebelumnya, massa dari UIN Ar Raniry Banda Aceh juga menggelar demo serupa di kantor DPR Aceh, Senin, 5 September 2022. Dalam aksi itu, massa berhasil mendesak pimpinan DPR Aceh untuk menyampaikan aspirasi mereka kepada Presiden agar menolak kenaikan harga BBM.

“Kita melakukan check and balance, baik dari pihak DPR Aceh selaku perwakilan legislatif dan juga Pj Gubernur karena merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah pusat ke Pemerintah Aceh,” kata Ketua BEM USK, Zawata Afnan, kepada awak media.

Semula aksi demonstrasi di kantor Gubernur Aceh hanya diikuti oleh mahasiswa dari 10 fakultas di USK. Mereka tiba di pusat pemerintahan Aceh itu dengan mendorong sepeda motor dan berjalan kaki, yang dikomandoi oleh satu unit mobil. Massa bergerak secara konvoi seraya berjalan kaki sejak dari kawasan Lamnyong.

Kedatangan mahasiswa ke Kantor Gubernur Aceh mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian dan Satpol PP. Awalnya mahasiswa yang menyanyikan lagu buruh tani tersebut tidak diperbolehkan memasuki halaman kantor Gubernur Aceh. Belakangan jumlah massa kian ramai setelah mahasiswa dari Politeknik Aceh turut bergabung untuk menolak kebijakan menaikkan harga BBM bersubsidi yang dilakukan pemerintah Republik Indonesia.

Ribuan Mahasiswa Duduki Kantor Gubernur Aceh
Petugas keamanan mengawal demonstrasi mahasiswa usk dan politeknik aceh yang sedang menggelar unjuk rasa di halaman kantor gubernur aceh, di banda aceh, selasa, 6 september 2022. Foto: boy nashruddin agus

Massa sempat tertahan di gerbang karena tidak diperbolehkan masuk untuk menyuarakan aspirasi mereka. Namun, setelah berdiplomasi, akhirnya petugas keamanan memperbolehkan massa mahasiswa meluber ke halaman gedung.

Dalam aksinya, para mahasiswa terus menyuarakan penolakan mereka terhadap kebijakan pemerintah yang menaikkan harga BBM. Mahasiswa secara bergantian terus berorasi seraya menuntut Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki agar mau menemui mereka. Selain berorasi, massa juga ikut membacakan beberapa puisi perlawanan atas kezaliman di kesempatan tersebut.

Dalam orasinya, massa juga menuntut pemerintah untuk memberantas mafia migas yang menyebabkan kelangkaan bahan bakar di Indonesia. Selain itu, massa juga menuntut pemerintah untuk mencabut kenaikan tarif listrik serta mendesak DPR RI untuk membatalkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru yang dianggap membebankan APBN.

Hingga pukul 16.30 WIB, massa mahasiswa dari USK dan Politeknik Aceh masih bertahan di Kantor Gubernur Aceh. Mereka terus menyuarakan penolakan kenaikan harga BBM dan meminta Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki agar mau menemui mereka. “Pj Gubernur Aceh merupakan pilihan Pusat yang diutus ke Aceh. Kami mau Pj Gubernur datang menemui kami,” teriak orator yang disambut dukungan massa mahasiswa di halaman gedung Kantor Gubernur Aceh tersebut.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah