27.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Roy Suryo Ditahan Terkait Kasus Penistaan Agama

JAKARTA | ACEH INFO – Roy Suryo, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) ditahan Polda Metro Jaya sebagai tersangka kasus penistaan agama pada Jumat, 5 Agustus 2022 malam.

“Mulai malam hari ini (Jumat, 5 Agustus, dilakukan penahanan) terhadap tersangka Roy Suryo, laki-laki usia 52 tahun,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan.

Roy Suryo akan ditahan selama 20 hari ke depan untuk keperluan penyidikan. Penahanan tersebut dilakukan karena khawatir tersangka menghilangkan barang bukti dan beberapa pertimbangan lainnya.

“Hal itu sebagaimana tertuang dalam pasal 21 ayat 1 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP),” ujar Zulpan.

Dilansir dari Kontan, penahanan terhadap Roy Suryo setelah sebelumnya dia kedapatan mengikuti kegiatan touring komunitas mobil Mercedes Benz, meski tengah berstatus tersangka penistaan agama.

Sebagai informasi, Roy suryo ditetapkan sebagai tersangka pada 22 Juli 2022. Dia dijerat Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Penyidik juga menjerat Roy Suryo dengan Pasal 156a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Penodaan Agama dan Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946.

Menurut Zulpan, terdapat sekitar 13 ahli yang dimintai keterangan sebelum Roy Suryo ditetapkan sebagai tersangka. Ada tiga ahli bahasa dan tiga ahli agama yang dimintai keterangan dalam proses penyidikan.

Penyidik juga memeriksa dua ahli sosiologi hukum, dua ahli pidana, dua ahli ITE, dan seorang ahli media sosial.

“Kemudian selain ahli, kami juga memeriksa saksi-saksi lain. Ada delapan orang. Setelah itu penyidik menaikkan status Roy Suryo sebagai tersangka,” ungkap Zulpan.

Polisi menetapkan Roy sebagai tersangka berdasarkan hasil penyelidikan dua laporan.
Pertama, laporan yang diajukan Kurniawan Santoso pada 20 Juni 2022. Kemudian, laporan ke Bareskrim Polri oleh Kevin Wu pada hari yang sama.

Kuasa hukum Kurniawan mengatakan, meme yang diunggah ulang oleh Roy adalah editan gambar Patung Siddhartha Gautama atau Sang Buddha.

Dalam unggahannya, Roy dianggap melecehkan dan mengolok-olok Patung Sang Buddha karena mengunggah ulang gambar tersebut disertai kata “lucu” dan “ambyar”.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI