27.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Rumah Reot Warga Sawang Viral, Pj Bupati Aceh Utara Beri Bantuan

LHOKSUKON | ACEHINFO – Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi Abdullah berkunjung untuk melihat langsung kondisi rumah tidak layak huni (Rutilahu) di Gampong Cot Lambideng, Kecamatan Sawang, Aceh Utara pada Senin pagi, (1/8).

Dalam kunjungan di kecamatan Sawang, Pj Bupati berkunjung ke Gampong Cot Lambideng dan melihat langsung Rutilahu milik Nilawati Alamsyah (39) yang sempat viral di lini masa media sosial beberapa hari lalu.

Rumah yang dihuni Nilawati bersama keluarganya terbuat dari dinding tepas, beratap daun rumbia, serta lantai beralaskan tanah. Kondisi rumah mulai lapuk dimakan usia, pada beberapa titik atap tampak berlubang sehingga bocor saat hujan.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati yang didampingi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Aceh Utara Fuad Mukhtar menyerahkan bantuan Sembako berupa berupa beras, minyak goreng, roti dan telur. Selain itu, Pj Bupati ikut menyerahkan perlengkapan berupa sajadah, kain sarung, jilbab, dan baju kepada keluarga tersebut.

“Nilawati memiliki 4 orang anak, 2 orang diantara masih dalam KK yang sama yaitu Muhammad Ikbar (16) dan Muhammad Khaidir (11). Nilawati merupakan keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dari tahun 2015 dan juga penerima manfaat program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT),” ujar Kadis Sosial Fuad Mukhtar didampingi Koordinator Kabupaten PKH Amru Alba Abqa.

Nilawati memiliki keahlian dalam menganyam tikar, Pj bupati menyampaikan kepada Geuchik Cot Lambideng agar Nilawati dan penduduk lainnya yang memiliki keahlian menganyam tikar agar diberdayakan. Setelah itu diusahakan penampung (pembeli) tikar, jangan setelah punya tikar tidak ada yang menampung.

Pj Bupati juga mengatakan, hendaknya bantuan yang diberikan sesuai dengan keahlian penduduk.

“Untuk keluarga Pra Sejahtera yang memiliki keahlian menganyam tikar, bantuan yang diberikan jangan sapi/ternak, itu tidak akan bermanfaat bagi yang bersangkutan,” ujar Azwardi.

Rumah kedua yang dikunjungi Pj Bupati adalah rumah Syah Bandi Ben Puteh, yang juga merupakan ibu kandung dari Nilawati, rumahnya berada disamping rumah Nilawati, namun Syah Bandi merupakan KK tunggal, tinggal sendiri di rumahnya, hanya menerima BPNT.

Tak hanya rumah Nilawati, Pj Bupati juga menyempatkan berkunjung ke beberapa rumah lainnya masih dilokasi yang sama. Rumah yang dikunjungi Pj Bupati di kecamatan tersebut antara lain milik Maryani dan Idris.

Dalam kunjungan tersebut, Azwardi turut didampingi oleh Kepala BAPPEDA, Kepala Dinas Pengembangan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kabag Humas, serta Muspika Sawang

Tampak hadir di lokasi, Anggota DPR Aceh Tantawi dan Tarmizi, serta anggota DPRK Aceh Utara Nazir Abubakar.

Usai meninjau Rutilahu di Gampong Cot Lambideng, Pj Bupati menuju Kantor Camat Sawang, Disana Azwardi memberikan pengarahan kepada seluruh jajaran ASN dan Muspika yang bekerja di kantor kecamatan itu.

Dalam arahannya, Azwardi mengajak para stakeholder untuk memprioritaskan pemanfaatan dana desa untuk percepatan pertumbuhan ekonomi gampong. Pemanfaatan dana gampong melalui BUMG harus tepat sasaran, artinya menyentuh usaha masyarakat sehingga usaha ekonomi lemah segera bangkit dan mampu meningkatkan ekonomi gampong dan masyarakat.

“Kita menginginkan sistem pendataan sosial kependudukan yang akurat, sehingga dapat menjadi acuan dalam setiap perencanaan pembangunan. Baik untuk pemberian bantuan sosial maupun kebutuhan lainnya. Dengan adanya data yang akurat nantinya dapat dibahas di tingkat Kabupaten untuk dibangun rumah layak huni di Sawang,” ujar Azwardi.

Azwardi mengatakan pihaknya sangat ingin mengubah wajah Aceh Utara dari jerat kemiskinan. Sebab itu, selaku Penjabat Bupati dirinya akan memulai persoalan prioritas, yaitu masalah kemiskinan dan masalah anak stunting. Sebelumnya, Azwardi juga telah mengajak pihak BUMN yang beroperasi di Aceh Utara untuk turut membantu rumah layak huni untuk masyarakat Aceh Utara yang masih hidup di bawah garis kemiskinan.

Setelah kunjungan di kecamatan Sawang, Pj Bupati juga menyempatkan mengunjungi 4 Rutilahu di kecamatan Nisam, yaitu marliah (66) dan Mahmudin (53), warga Gampong Peunayan. Hamidah Ali (60) dan Abdul Muthalib (34) juga di Kecamatan Nisam. Pada kunjungan tersebut, Pj Bupati menyerahkan bantuan berupa Sembako, kain sarung, sajadah dan perlengkapan lainnya.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI