25.2 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Sabang Mulai Verifikasi dan Validasi Kemiskinan Ekstrem

spot_img

SABANG | ACEH INFO – Sebanyak 13 ribu dari total 42 ribu masyarakat Kota Sabang masuk kategori warga miskin pada tahun 2022. Jumlah tersebut masuk dalam kategori kemiskinan ekstrem maupun non ekstrem seperti data Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI.

Hal tersebut disampaikan Plt. Sekdako Sabang, Andri Nourman dalam rapat koordinasi bersama stakeholder terkait, yang tergabung dalam tim teknis penanganan kemiskinan di Kota Sabang.

Rakor yang digelar di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Sabang itu, membahas penelaahan regulasi tentang kemiskinan ekstrem dan mekanisme verifikasi dan validasi data Pensasaran, Percepatan, Penghapusan Kemiskinan Extrim (P3KE).

Andri Nourman menjelaskan, jumlah warga miskin pada tahun 2022 tersebut meningkat jika dibandingkan 2021. Untuk itu, Pemerintah Kota Sabang melalui tim teknis penanganan kemiskinan di Kota Sabang, akan bekerja keras dan berbagi tugas dalam melakukan verifikasi dan validasi, serta mensinkronkan data tersebut.

“Dari diskusi pada hari ini, kita baru mencoba memilah data tersebut. Secara visual ada data yang menurut kita masih belum sesuai. Ini yang harus kita lihat kembali dan verifikasi serta validasi kembali, sehingga data ini benar-benar valid nantinya,” kata Plt. Sekdako Sabang Andri Nourman, Senin, 9 Januari 2023 siang.

Tambahnya, untuk mencapai hal itu tentunya dibutuhkan waktu dan ketelitian, sehingga data yang telah divalidasi tersebut dapat digunakan dalam penanganan kemiskinan, dengan sasaran yang tepat.

“Data kemiskinan ekstrem ini menjadi basic data nantinya. Termasuk data yang digunakan oleh Gampong dan juga kegiatan lainnya. Termasuk juga nanti akan bermuara pada intervensi yang harus dilakukan oleh pemerintah,” ujarnya.

Hal tersebut juga harus didukung oleh sinergisitas antara satu OPD dengan OPD lainnnya, sehingga nantinya penyaluran bantuan kepada masyarakat yang layak menerima, dapat didistribusikan secara merata sesuai peruntukannya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI